Viral Becak Lewat Jalan Tol, Ternyata Mau Mudik Bareng Keluarga

Ia percaya becak boleh lewat tol saat sepi

Surabaya, IDN Times - Seorang penarik becak menghebohkan jagad maya lantaran dengan santainya memasuki Jalan Tol Surabaya-Gresik. Ternyata, ia teguh berkeyakinan bahwa becak boleh melewati jalan tol lantaran kondisinya tengah sepi.

Humas PT Margabumi Matraraya (MBMR) Andjar Hari Sutoto menjelaskan, becak tersebut ternyata memang sudah melewati jalan tol. Ia masuk dari gerbang terbuka Tol Dupak KM 0+000 hingga gerbang exit tol Tandes Timur 1 (KM 2+900).

"Ini gerbang terbuka, masuk dulu bayarnya di belakang. Karena becak itu masuk dari arah Pasar Turi ke Margomulyo, di KM 0 Pasar Loak itu tidak ada penjaganya jadi dia langsung saja masuk," ujar Andjar, Sabtu (15/5/2021).

1. Tidak disanksi tapi hanya didata

Viral Becak Lewat Jalan Tol, Ternyata Mau Mudik Bareng KeluargaBecak beserta penumpangnya memasuki Jalan Tol Surabaya-Gresik. Dok Tangkapan Layar

Ternyata, perjalanan becak dan dua penumpangnya itu lancar hingga tiba di gerbang exit tol. Tapi tetap saja, ia tak boleh mengulangi perbuatannya itu. Andjar mengatakan, petugas pun mendata identitas tukang becak itu dan memberi edukasi bahwa dia tidak boleh lagi mengulangi perhuatan tersebut

"Kita mendata identitasnya dan memberi edukasi. Kita tidak ada kewenangan untuk memberi sanksi," tutur Andjar.

Setelah didata, becak itu pun diarahkan untuk meninggalkan jalan tol itu. Akan tetapi, pintu keluar tersebut memang tujuan para penumpang becak tersebut.

Baca Juga: Viral Debt Collector Mengerubuti Mobil yang Dikendarai Anggota TNI

2. Penumpang dan penarik becak masih keluarga

Viral Becak Lewat Jalan Tol, Ternyata Mau Mudik Bareng KeluargaBecak beserta penumpangnya memasuki Jalan Tol Surabaya-Gresik. Dok Tangkapan Layar

Menurut pernyataan pengemudi becak, ternyata ia dan kedua penumpangnya tersebut merupakan keluarga. Mereka sedang dalam perjalanan menuju kawasan Margomulyo untuk mudik. Memang, peristiwa itu terjadi masih pada H2 lebaran yaitu 14 Mei 2021.

"Jadi penumpangnya diam saja karena masih saudara. Mereka istilahnya itu mau mudik lokal," ungkap Andjar.

3. Anggap becak boleh lewat tol karena sepi

Viral Becak Lewat Jalan Tol, Ternyata Mau Mudik Bareng KeluargaBecak beserta penumpangnya memasuki Jalan Tol Surabaya-Gresik. Dok Tangkapan Layar

Ternyata, penarik becak itu kekeuh melewati jalan tol lantaran merasa kondisi lalu lintas di sana teramat sepi. Ia pun menganggap potensi kecelakaan yang ada di jalan bebas hambatan itu tak mungkin terjadi. Akhirnya, mereka pun nekat melewati jalan tol tersebut.

"Memang ada unsur kesengajaan karena dia lihat ini sepi lalu dia lewat tol. Ia meyakini kalau sepi maka boleh lewat tol," terangnya.

Padahal, berdasarkan Pasal 38 Peraturan Pemerintah nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol diterangkan bahwa jalan tol hanya diperuntukkan kendaraan bermotor roda empat atau lebih. Tentu saja, becak tak termasuk dalam kategori tersebut.

Baca Juga: Ada-ada Saja! Viral Becak Masuk Jalan Tol Surabaya-Gresik

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya