Survei Charta Politika: Elektabilitas ERJI Terus Meningkat

Sementara elektabilitas MAJU malah menurun

Surabaya, IDN Times - Jelang berakhirnya masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Surabaya, sejumlah lembaga survei berlomba merilis hasil jajak pendapatnya. Kali ini, lembaga survei Charta Politika Indonesia memenangkan Pasangan Calon Wali-Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi-Armuji (ERJI) dibandingkan lawannya Machfud Arifin-Mujiaman (MAJU). Perolehan ini berdasarkan survei yang mereka lakukan sejak tanggal 18-24 November 2020.

1. Elektabilitas ERJI ungguli MAJU

Survei Charta Politika: Elektabilitas ERJI Terus MeningkatHasil survei Charta Politika Indonesia terkait elektabilitas pasangan calon di Pilkada Surabaya. Dok. Charta Politika Indonesia

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya menjelaskan, pasangan ERJI mendapatkan elektabilitas sebesar 51,2 persen. Sedangkan MAJU mendapat angka elektabilitas 40,7 persen. Sementara sisanya yaitu 8,1 persen menjawab tidak tahu.

"Dilihat dari tren, Eri-Armuji mengalami peningkatan elektabilitas dibandingkan hasil survei pada September. Ada tren kenaikan elektabilitas Eri-Armuji dari 41,9 persen menjadi 51,2 persen. Sementara Machfud-Mujiaman stagnan, 41,4 persen ke 40,7 persen,” ujar Yunarto, Jumat (4/12/2020).

2. Tingkat responden yang menjawab survei meningkat

Survei Charta Politika: Elektabilitas ERJI Terus MeningkatIlustrasi Pilwali Surabaya 2020 (IDN Times/Mardya Shakti)

Yunarto melanjutkan, tingkat responden yang belum menentukan jawaban menurun dari 16,7 persen pada September menjadi 8,1 persen pada November. Hal ini menunjukkan warga sudah mulai menentukan pilihan terhadap calon pengganti Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Sehingga saat ini semua kandidat telah dikenal dengan baik oleh pemilih.

”Dari empat nama calon wali kota dan wakil wali kota yang bertarung, semuanya sudah memiliki tingkat pengenalan di atas 80 persen. Hanya nama Mujiaman Sukirno yang masih memiliki tingkat pengenalan sedikit di bawah 80 persen," ungkapnya.

Baca Juga: Survei SSC: Elektabilitas ERJI Unggul 11,8 Persen dari MAJU

3. ERJI masih unggul dalam tingkat kesukaan

Survei Charta Politika: Elektabilitas ERJI Terus MeningkatIlustrasi Pilwali Surabaya 2020 (IDN Times/Mardya Shakti)

Dari sisi kesukaan, lanjut Yunarto, Eri dan Armuji masih unggul. Rinciannya, dari 88,8 persen tingkat pengenalan terhadap Eri, 91,8 persen di antaranya menyatakan suka kepada mantan kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu. Sedangkan dari 82,8 persen warga yang kenal Armudji, 91 persen di antaranya menyatakan suka terhadap mantan ketua DPRD Surabaya tersebut.

"Sedangkan dari pengenalan Machfud yang sebesar 82,9 persen, sebanyak 86,9 persen di antaranya suka terhadap purnawirawan polisi tersebut. Untuk Mujiaman, dari tingkat pengenalan 72,3 persen, sebanyak 86,1 persen menyatakan suka," tuturnya.

Survei ini dilakukan pada 18-24 November 2020 dengan menggunakan metode multistage random sampling. Survei melibatkan 1.200 responden melalui wawancara tatap muka dan kuesioner terstruktur dengan margin of error mencapai kurang lebih 2,83 persen.

Baca Juga: ERJI Unggul Survei Elektabilitas, Risma Jadi Salah Satu Faktor Penentu

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya