Risma Jadi Mensos, Anak Buahnya di Pemkot Surabaya: Kami Sedih

Semoga amanah ya, Bu Risma!

Surabaya, IDN Times - Nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini disebut oleh Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo sebagai salah satu menteri barunya dalam perombakan Kabinet Indonesia Maju. Risma ditunjuk sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang tersangkut kasus korupsi bantuan sosial COVID-19.

Kabar penunjukkan Risma ini menjadi berita baik sekaligus menyedihkan bagi anak buah Risma di Pemerintah Kota Surabaya. Pasalnya, mereka kini kehilangan sosok emak'e arek Suroboyo yang sudah menjabat selama 10 tahun.

1. Anak buahnya sedih harus berpisah dengan Risma

Risma Jadi Mensos, Anak Buahnya di Pemkot Surabaya: Kami SedihWali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat menceramahi anak-anak Rumah Susun Penjaringan Sari, Senin (31/8/2020). Dok Humas Pemkot Surabaya

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, Muhammad Fikser adalah salah satu bawahan yang paling dekat dengan Risma. Sejak ia menjabat sebagai Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dulu, Fikser sudah sering menemani Risma ke manapun ia pergi. Namun kini, ia tak bisa lagi bersama Risma karena telah mendapat kantor baru di DKI Jakarta.

"Bangga ya sedih juga, karena kita harus berpisah dengan Ibu. Ya, ini di waktu yang tepat. Walaupun memang kita pastinya akan berpisah," ujar Fikser saat dihubungi IDN Times, Selasa (22/12/2020).

2. Sedih sekaligus bangga

Risma Jadi Mensos, Anak Buahnya di Pemkot Surabaya: Kami SedihKadiskominfo Kota Surabaya M. Fikser. IDN Times/Fitria Madia

Fikser mengatakan bahwa penunjukan Risma sebagai menteri menjadi kebanggan tersendiri baginya. Ia bangga lantaran kinerja Risma selama memimpin Kota Surabaya diakui ditingkat nasional. Jokowi pun membutuhkan sosok Risma di sampingnya.

"Pastinya bangga beliau diberikan kepercayaan oleh presiden untuk menangani masalah sosial yang saat ini sangat dibutuhkan oleh negara dengan situasi pandemik. Artinya, pemikiran-pemikiran Ibu (Risma) dibutuhkan di tingkat nasional sekarang ini," tuturnya.

Baca Juga: Jokowi Dikabarkan Panggil Calon Menteri, Risma Sudah di Jakarta

3. Risma sering memberikan nasihat

Risma Jadi Mensos, Anak Buahnya di Pemkot Surabaya: Kami SedihWali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat memberangkatkan mahasiswa relawan COVID-19, Senin (3/8/2020). Dok Humas Pemkot Surabaya

Di mata Fikser, Risma adalah seorang atasan, kakak, sekaligus ibu. Banyak nasihat yang diberikan mulai dari pekerjaan hingga kehidupan. Fisker pun amat berterima kasih atas segala ilmu yang dibagikan oleh Risma.

"Banyak ilmu, banyak tutur, banyak petuah yang telah Ibu berikan kepada kami. Saya kira bukan saya saja tapi juga seluruh karyawan karyawati di Pemerintah Kota Surabaya. Itu sebagai ladang amal kebaikan beliau yang Insyaallah akan terus, karena ilmu 10 tahun itu kan waktu yang lama," ungkapnya.

4. Berpesan agar Risma jaga kesehatan

Risma Jadi Mensos, Anak Buahnya di Pemkot Surabaya: Kami SedihKadiskominfo Kota Surabaya M. Fikser. IDN Times/Fitria Madia

Satu pesan yang disampaikan Fikser adalah agar Risma menjaga kesehatannya. Risma beberapa kali memang terlalu banyak bekerja hingga kelelahan bahkan harus dirawat di rumah sakit. Jabatan menjadi Mensos tentu membuatnya harus mengurusi lebih banyak hal.

"Tentunya harus jaga kesehatan. Kita doa untuk Ibu agar bisa menjaga amanah dengan baik," pesan Fikser.

Baca Juga: Sah Jadi Menteri Sosial, Ini Kiprah Tri Rismaharini

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya