Penghina Risma di Facebook Akhirnya Ditangkap

Tapi polisi belum mengungkap identitasnya

Surabaya, IDN Times - Sosok di balik akun Facebook Zikria Dzatil, warganet yang dipolisikan lantaran menggunggah status berisi ujaran kebencian terhadap Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, telah ditangkap. Tapi polisi masih enggan mengungkap identitas tersangka.

Kabar penangkapan ini dibenarkan oleh Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran. Tetapi Sudamiran belum menjelaskan kapan dan di mana penangkapan tersebut berlangsung.

"Nanti saja, ya. Akan dijelaskan Kapolrestabes (Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho)," ungkapnya ketika dikonfirmasi, Sabtu (1/2).

Sudamiran masih belum menyebutkan siapa sosok di balik akun Zikria Dzatil tersebut. Satu ciri-ciri yang sempat ia sebutkan adalah lokasi warganet yaitu di Jawa Barat.

"Daerahnya di luar kota, Jawa barat. Nanti kita tangkap kalau cukup bukti kita bawa ke Surabaya," ujarnya, Jumat (31/1).

Dalam proses penyidikan, polisi telah memeriksa 9 saksi. Saksi-saksi tersebut merupakan pelapor, masyarakat, hingga saksi ahli bahasa, ITE, dan pidana. Polisi perlu memastikan terpenuhinya unsur-unsur pasal ujaran kebencian dan UU ITE dari para saksi ahli tersebut.

"Menurut keterangan ya sudah terpenuhi unsur ujaran kebencian maupun penghinaan terhadap Ibu Risma," tuturnya.

Sebagai informasi, akun Zikria Dzatil dipermasalahkan lantaran menggunggah foto Risma disertai perkataan "Anjirrrrr.... Asli ngakak abis...nemu nih foto sang legendaris kodok betina." Laporan terhadap akun tersebut telah dibuat sejak Selasa (21/1).

Baca Juga: Terlacak, Akun Facebook Penghina Risma Diketahui dari Jawa Barat

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya