Pemkot Surabaya Putuskan Buka Peta Sebaran Covid-19 Tingkat Kelurahan

Kalian bisa cek di https://lawancovid-19.surabaya.go.id/

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya memutuskan untuk membuka peta sebaran kasus Covid-19 di Kota Surabaya. Peta ini nantinya akan menunjukkan alamat di tingkat keluarahan para pasien Covid-19 baik konfirmasi positif, Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan Pasien dalam Pengawasan (PDP).

1. Pemkot Surabaya buat peta sebaran virus corona

Pemkot Surabaya Putuskan Buka Peta Sebaran Covid-19 Tingkat KelurahanKepala Diskominfo, Muhamad Fikser saat menjelaskan Aplikasi Isyana di Kantor Diskominfo (3/2). IDN Times/Tarida Alif

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya M Fikser mengatakan bahwa peta ini sedang dalam tahap pematangan. Rencananya peta digital itu akan selesai malam ini juga dan langsung bisa diakses oleh masyarakat luas.

"Ia kita buatkan peta sebaran Covid-19. Insyaallah malam ini selesai," ujar Fikser saat ditemui di Balai Kota Surabaya, Senin (23/3).

2. Peta dibuat agar masyarakat waspada

Pemkot Surabaya Putuskan Buka Peta Sebaran Covid-19 Tingkat KelurahanKadiskominfo Kota Surabaya M. Fikser. IDN Times/Fitria Madia

Fikser mengatakan, peta ini akhirnya dibuat untuk meredakan kecemasan warga dan memberikan keterbukaan informasi bagi masyarakat. Ia menjelaskan bahwa Pemkot Surabaya tidak berniat untuk membuat warga panik.

"Memang awalnya tidak dibuka. Tapi dengan berbagai pertimbangan dan melihat kondisi di lapangan, akhirnya kita putuskan buat peta ini agar virus ini menjadi tanggung jawab bersama," jelasnya.

Baca Juga: Ingin Merata, Risma Semprot Disinfektan ke Kota Surabaya dengan Drone

3. Menunjukkan sebaran virus corona di tingkat kelurahan

Pemkot Surabaya Putuskan Buka Peta Sebaran Covid-19 Tingkat KelurahanIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Nantinya, peta ini bisa diakses di situs resmi informasi seputar virus corona milik Pemkot Surabaya yaitu https://lawancovid-19.surabaya.go.id/. Nantinya peta Kota Surabaya akan dibagi per kecamatan dan per kelurahan. Lalu akan ada penanda di keluarahan mana saja terdapat kasus positif, ODP, dan PDP Covid-19.

"Kita akan update setiap malam. Setelah data dari pemerintah pusat dan provonsi keluar, baru akan diupdate di peta kami," tutupnya.

Baca Juga: Cegah Corona, PN Surabaya Larang Keluarga Terdakwa Masuk Ruang Sidang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya