Pasien di RSUD Dr Soetomo dan Sidoarjo Dipastikan Negatif Virus Corona

Mereka juga sudah dipulangkan dari RS

Surabaya, IDN Times - Dua orang yang sempat diisolasi di Surabaya dan Sidoarjo, lantaran diduga terjangkit virus Corona telah dipulangkan. Hasil laboratorium menyatakan keduanya negatif virus Corona dan hanya mengalami flu biasa.

1. Buruh migran asal Hongkong dinyatakan negatif virus Corona

Pasien di RSUD Dr Soetomo dan Sidoarjo Dipastikan Negatif Virus CoronaRSUD Sidoarjo. IDN Times/Fitria Madia

Pasien pertama dirawat di RSUD Sidoarjo. Ia adalah Warga Negara Indonesia yang menjadi Buruh Migran di Hongkong.

Direktur Utama RSUD Sidoarjo Atok Irawan memastikan bahwa pasien tersebut negatif virus Corona berdasarkan hasil uji laboratorium Balitbangkes Kementerian Kesehatan RI.

"Negatif, ya. Ternyata memang flu biasa. Sesak napasnya juga karena dia kebanyakan nangis kangen rumah," ujar Atok saat dikonfirmasi IDN Times, Selasa (4/1).

2. Pasien sudah boleh pulang

Pasien di RSUD Dr Soetomo dan Sidoarjo Dipastikan Negatif Virus CoronaRSUD Sidoarjo. IDN Times/Fitria Madia

Bahkan saat ini, pasien asal Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat tersebut sudah diperbolehkan pulang. Ia sempat menempati ruang isolasi RSUD Sidoarjo selama sepekan sejak dilarikan ke Isnstalasi Gawat Darurat pada Senin lalu (27/1).

"Kondisinya sudah sehat, karena hanya flu biasa. Jadi kami perbolehkan pulang," tutur Atok.

Baca Juga: WN Tiongkok yang Diisolasi di RSUD Dr Soetomo Berangsur Membaik

3. Pasien di RSUD Dr Soetomo juga negatif virus Corona

Pasien di RSUD Dr Soetomo dan Sidoarjo Dipastikan Negatif Virus CoronaHumas RSUD dr.Soetmo, Pesta Parulian. IDN Times/Fitria Madia

Hal serupa juga terjadi pada pasien yang sempat diduga terinfeksi virus Corona di RSUD Dr Soetomo. Pasien itu adalah Warga Negara Tiongkok yang menjadi pengajar di Kota Surabaya. Ia baru kembali dari Tiongkok dan mengalami flu hingga dilarikan ke ruang isolasi.

"Sudah sehat. Berdasarkan hasil swab, negatif virus Corona," sebut Kepala Instalasi PKRS dan Humas RSUD dr. Soetomo dr. Pesta Parulian Maurid Edwar SpAn.

4. WN Tiongkok sudah keluar dari rumah sakit

Pasien di RSUD Dr Soetomo dan Sidoarjo Dipastikan Negatif Virus CoronaHumas RSUD Dr Soetomo Surabaya, Pesta Parulian saat ditemui di RSUD Dr Soetomo, Senin (2/12). IDN Times/Fitria Madia

Pasien tersebut juga sudah diperbolehkan keluar dari rumah sakit. Pesta menyebut, pasien itu hanya terjangkit flu biasa akibat cuaca pada musim penghujan ini. Sejak awal, peradangan paru-paru sebagai hasil infeksi virus cCrona tidak ditemukan. Hanya ada peradangan di selaput saluran bronkial.

"Memang kondisinya membaik dengan cepat. Saat ini sudah pulang dan kami minta untuk menjaga kesehatannya," tutup Pesta.

Baca Juga: Buruh Migran yang Diisolasi di RSUD Sidoarjo Sudah Membaik

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya