Comscore Tracker

Mulai Besok, Naik KA Jarak Jauh dari Surabaya Wajib Rapid Test Antigen

Bisa tes di stasiun seharga Rp105 ribu

Surabaya, IDN Times - Setelah sebelumnya syarat penumpang kereta api jarak jauh di PT KAI DAOP 8 cukup menggunakan rapid test antibodi, kini peraturan tersebut berubah. Syarat penumpang KA jarak jauh keberangkatan sejak Selasa (22/12/2020) adalah nonreaktif rapid test antigen. Perubahan ini mengukuti keputusan terbaru yang dikeluarkan oleh Satgas Penanganan COVID-19 dan Kementerian Perhubungan RI.

1. Penumpang KA jarak jauh wajib rapid test antigen

Mulai Besok, Naik KA Jarak Jauh dari Surabaya Wajib Rapid Test AntigenIlustrasi Rapid Test Tim IDN Times (IDN Times/Herka Yanis)

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto menjelaskan, perubahan peraturan tersebut mengacu pada Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 No. 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi COVID-19. Ada juga Surat Edaran Kemenhub No 23 Th 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi COVID-19.

"PT KAI Daop 8 Surabaya selalu mematuhi seluruh aturan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 melalui moda transportasi kereta api," ujarnya, Senin (21/12/2020).

2. Rapid test antigen dilakukan paling lama 3 hari sebelum keberangkatan

Mulai Besok, Naik KA Jarak Jauh dari Surabaya Wajib Rapid Test AntigenIlustrasi Rapid Test Tim IDN Times (IDN Times/Herka Yanis)

Suprapto melanjutkan, tiap pelanggan KA jarak jauh yang berada di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil nonreaktif rapid test antigen COVID-19 yang berlaku setidaknya 3 hari sebelum tanggal keberangkatan. Sementara itu ada pengecualian untuk pelanggan KA jarak jauh dengan usia dibawah 12 Tahun.

"Setiap pelanggan KA jarak jauh harus dalam kondisi sehat, tidak menderita flu, pilek, batuk, demam. Jangan lupa memakai masker dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius. Selama dalam perjalanan, pelanggan diharuskan menggunakan face shield dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang," tuturnya.

Baca Juga: KAI Sediakan Rapid Test, Daop 8 Baru Tiga Stasiun

3. Terdapat layanan rapid test antigen di stasiun

Mulai Besok, Naik KA Jarak Jauh dari Surabaya Wajib Rapid Test AntigenIlustrasi kereta api. IDN Times/Dhana Kencana

Untuk mempermudah calon penumpang dan meningkatkan pelayanan, PT KAI DAOP 8 menyediakan layanan rapid test antigen. Layanan ini mulai bisa diakses sejak Selasa (22/12/2020) sesuai dengan mulai berlakunya kewajiban menunjukkan hasil rapid test antigen. Layanan rapid test antigen ini seharga Rp105 ribu per penumpang.

"Layanan ini tersedia melalui Sinergi BUMN dengan Rajawali Nusantara Indonesia Grup," ungkapnya.

4. Baru terdapat di dua stasiun

Mulai Besok, Naik KA Jarak Jauh dari Surabaya Wajib Rapid Test AntigenSuasana Stasiun Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

Pada tahap awal, lanjut Suprapto, layanan ini terdapat di dua stasiun wilayah Daop 8 Surabaya yaitu di Surabaya Gubeng dan Surabaya Pasar Turi. Ia mengimbau calon pelanggan agar menyiapkan waktu yang cukup untuk melakukan tes tersebut, kalau perlu tes sehari sebelum keberangkatan. Pasalnya, rapid test antigen memakan waktu lebih lama dibanding rapid test antibodi. 

"Penyediaan layanan ini merupakan komitmen KAI untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api," tukasnya.

Baca Juga: Long Weekend, Setengah Ketersediaan Tiket Kereta DAOP 8 Habis

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya