Momen Hari Pahlawan, APBD Surabaya 2022 Disahkan Rp10,3 Triliun

Diharap bisa jadi stimulus perekonomian warga

Surabaya, IDN Times - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Surabaya tahun anggaran 2022 telah disahkan di momen Hari Pahlawan 10 November 2021. Tahun ini, APBD Surabaya meningkat ke angka Rp10,3 triliun lantaran beberapa tambahan kebutuhan belanja. Dengan disahkan di Hari Pahlawan, APBD diharapkan membawa semangat kepahlawanan bagi Pemerintah Kota Surabaya dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya.

1. APBD disahkan dengan kostum pahlawan perjuangan

Momen Hari Pahlawan, APBD Surabaya 2022 Disahkan Rp10,3 TriliunWali Kota Surabaya, Eri Cahyadi dan Ketua DPRD Surabaya, Adi Sutarwijono bersama pimpinan dewan lain berfoto usai menandatangani dokumen pengesahan APBD Surabaya 2022. Dok. Istimewa.

Pada rapat paripurna pengesahan APBD ini, seluruh pihak yang hadir mengenakan kostum ala pahlawan perjuangan termasuk Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono. Rapat paripurna dengan kostum ini seperti sudah menjadi tradisi bagi Pemkot dan DPRD Surabaya.

“Ini kado untuk seluruh masyarakat Surabaya tepat pada peringatan Hari Pahlawan. Selesai kami upacara di Balai Kota Surabaya dan berziarah ke Taman Makam Pahlawan, kami menggelar rapat paripurna DPRD dengan memakai kostum pejuang. Untuk mengenang jiwa-jiwa kepahlawan dalam pertempuran 10 Nopember 1945,” ujar Awi, sapaan akrab Adi Sutarwijono, Rabu (10/11/2021).

Baca Juga: DPRD Anggarkan Rp57,6 Miliar untuk Apresiasi RW di Kota Surabaya

2. Beberapa poin menonjol dalam APBD 2022

Momen Hari Pahlawan, APBD Surabaya 2022 Disahkan Rp10,3 TriliunWali Kota Surabaya, Eri Cahyadi dan Ketua DPRD Surabaya, Adi Sutarwijono usai mengesahkan APBD Surabaya 2022 di Sidang Paripurna. Dok. Istimewa.

Awi menjelaskan, dalam APBD 2022 yang telah disahkan ini, terdapat beberapa poin menonjol sehingga membuat angkanya cukup besar. Beberapa di antaranya yaitu mengenai kenaikan honor modin, beasiswa untuk siswa SMA dan SMK dan pembelian seragam untuk siswa SD, dan SMP.

“Ini memang hasil reses kami. Di lapangan banyak modin yang mengeluhkan. Yang lain naik kenapa honor modin tidak naik, dan itu akhirnya disepakati,” tuturnya.

3. Akan ada beasiswa murid SMA-SMK

Momen Hari Pahlawan, APBD Surabaya 2022 Disahkan Rp10,3 TriliunIlustrasi siswa SMA. IDN Times/Sukma Sakti

Beasiswa bagi murid SMA-SMK ini merupakan ide DPRD Surabaya untuk memberi keadilan bagi para siswa. Meski SMA-SMK berada di bawah naungan Pemprov, namun tak ada salahnya mereka juga berkesempatan mendapat beasiswa dari Pemkot Surabaya. Sementara pembelian seragam gratis bagi siswa SD dan SMP mencapai 46 ribu pasang.

"Itu hasil temuan kami dan pemkot di lapangan, sehingga kami sepakat untuk membuat kebijakan tersebut,” ungkapnya.

4. Diharap jadi stimulis ekonomi warga

Momen Hari Pahlawan, APBD Surabaya 2022 Disahkan Rp10,3 TriliunJalan Ahmad Yani, Kota Surabaya dari udara. Dok. Humas Pemkot Surabaya

Awi menggambarkan bahwa APBD 2022 merupakan bukti kekompakan antara Pemkot dan DPRD Surabaya sehingga dapat disahkan tepat pada waktunya meski sempat diprediksi molor.

APBD ini juga diharap menjadi stimulus pergerakan perekonomian masyarakat di tengah kondisi pandemik COVID-19 yang semakin membaik.

“Makanya, DPRD Surabaya mendorong kekuatan belanja APBD sampai di angka 2 digit, setelah Surabaya dinyatakan daerah PPKM Level 1 yang beresiko rendah penularan COVID-19. Ini sinyal yang sangat optimis, bahwa tahun depan Surabaya bangkit,” tutupnya.

Baca Juga: Sepi Saweran Topeng Monyet, Pasutri di Surabaya Jualan Sabu

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya