Kereta vs Pajero, Polisi Panggil Masinis

Semoga tidak terjadi lagi kecelakaan seperti ini, ya

Surabaya, IDN Times - Kecelakaan yang terjadi pada hari Minggu (21/10) antara kereta api dengan mobil di perlintasan kereta api Pagesangan menewaskan tiga orang penumpang mobil. Hingga saat ini, polisi masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab terhadap kecelakaan ini.

1. Beberapa saksi telah diperiksa

Kereta vs Pajero, Polisi Panggil MasinisDok.IDN Times/Istimewa

Untuk menyelidiki kasus kecelakaan di perlintasan rel kereta api tanpa pintu ini, Unit Laka Lantas Polrestabes Surabaya bekerja sama dengan tim Traffic Accident Analysis (TAA) Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim. Hingga saat ini pihak kepolisian sudah mendapatkan keterangan beberapa saksi dan dari petugas palang pintu kereta.

"Saat ini semua masih berstatus saksi. Kita akan lakukan pendalaman terlebih dahulu untuk menaikkan status menjadi tersangka," ujar Kanit Laka Lantas Polrestabes Surabaya AKP Antara ketika dihubungi IDN Times, Senin (22/10).

Baca Juga: Mobil Terseret Kereta Api, Penjaga Palang Pintu Jadi Tersangka

2. Masinis akan dipanggil hari ini

Kereta vs Pajero, Polisi Panggil MasinisDok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, masinis kereta api Sri Tanjung yang sedang bertugas kala itu akan dipanggil oleh Polrestabes Surabaya untuk dimintai keterangan. Polisi akan mencari tahu apakah ada faktor kelalaian atau pelanggaran SOP dari masinis.

"Kita hari ini layangkan surat pemanggilan ke DAOP VII. Apakah ada faktor kelalaian atau tidak karena sebenarnya masinis itu ada semboyan S35 yaitu membunyikan klakson sebelum melintasi perlintasan rel kereta api. Tapi yang kemarin itu gak terdengar klaksonnya," terang Antara.

3. Berharap PT KAI dan Dishub dapat bersinergi lebih baik

Kereta vs Pajero, Polisi Panggil MasinisDok.IDN Times/Istimewa

Antara mengatakan bahwa kecelakaan ini menjadi atensi kepolisian pasca kecelakaan serupa di Margorejo yang turut menelan seorang korban jiwa.

"Kami berharap pihak KAI dan Dishub dapat bekerja sama agar tidak terjadi lagi kecelakaan-kecelakaan di perlintasan rel kereta api. Ini korbannya sudah banyak jadi berat sekali," harap Antara.

Baca Juga: Tidak Ada Palang Pintu, 3 Penumpang Pajero Tewas Dihantam Kereta

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya