Imlek di Tulungagung, Lampion dan Sembahyang Serba Sederhana

Semoga tidak mengurangi makna Imlek

Tulungagung, IDN Times - Kelenteng Tjoe Tik Kiong di Kelurahan Kampungdalem, Kabupaten Tulungagung, terus mempersiapkan diri menyambut tahun baru Imlek 2573. Sejumlah hiasan seperti lilin dan lampu lampion bernuansa imlek, telah dipasang di sekeliling kelenteng. Perayaan Imlek tahun ini yang jatuh pada 1 Februari akan berlangsung dengan sederhana, karena masih dalam suasana pandemik COVID-19. Kelenteng Tjoe Tik Kiong sediri dibangun pada tahun 1865, dan saat ini sudah berusia 156 tahun.

1. Jumlah lampion yang dipasang tidak banyak

Imlek di Tulungagung, Lampion dan Sembahyang Serba SederhanaPekerja memasang lampion di Klenteng Tjoe Tik Kiong. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Bioma Kelenteng Tjoe Tik Kiong, Tjio Jing Jing menjelaskan persiapan kelenteng dalam menyambut tahun baru imlek sendiri sudah mencapai 50 persen. Jumlah lampu lampion yang dipasang tahun ini jauh lebh sedikit dari sebelumnya. Mereka hanya memasang sekitar 200 lampion di dalam kelenteng saja. Sedangkan di area luar tidak dipasang lampion maupun aksesoris lain.

"Perayaan Imlek kali ini akan berlangsung dengan sangat sederhana, jumlah lampion yang dipasang tidak terlalu banyak," ujarnya, Sabtu (22/01/2022).

2. Hindari kerumunan, ritual sembahyang bersama ditiadakan

Imlek di Tulungagung, Lampion dan Sembahyang Serba SederhanaPekerja merakit lampion untuk dipasang di Klenteng Tjoe Tik Kiong. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Pihak kelenteng juga meniadakan sembahyang bersama jelang imlek. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan. Meskipun angka kasus COVID-19 telah menurun namun mereka tidak mau mengambil resiko. Umat akan melakukan sembahyang secara individu di kelenteng tersebut. "Kita juga tidak tahu riwayat perjalanan umat, sehingga kami memilih tidak menggelar sembahyang bersama," tuturnya.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Imlek Paling Populer, Semuanya Punya Makna

3. Shio Naga akan mendapat keburuntungan

Imlek di Tulungagung, Lampion dan Sembahyang Serba Sederhana

Sesuai hitungan tahun 2573 Imlek merupakan tahun Macan Air. Shio Naga akan memperoleh rezeki yang melimpah di tahun tersebut. Terdapat 4 shio yang akan mengalami kesialan atau Chiong di tahun itu. Yakni Shio Monyet, Babi, Ular dan Macan. Mereka yang memiliki Shio tersebut harus melakukan ritual membuang sial sebelum perayaan imlek.

"Ritualnya bisa dengan melepaskan makhluk hidup atau bersedekah," pungkasnya.

Baca Juga: Warga di Malang Mengubah Rumah Bernuansa Kelenteng

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya