Tugu Perguruan Silat di Tulungagung Segera Ditertibkan

Ratusan tugu perguruan silat berdiri di lahan pemerintah 

Tulungagung, IDN Times - Forkopimda Tulungagung menggelar rapat koordinasi terkait rencana pembongkaran tugu pencak silat. Rapat tersebut diikuti oleh sejumlah instansi terkait dan berlangsung di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso. Saat ini terdapat ratusan tugu perguruan silat yang kerap disebut sebagai pemicu terjadinya gesekan antar perguruan.

1. Tindak lanjuti intruksi dari Pemprov

Tugu Perguruan Silat di Tulungagung Segera DitertibkanBupati Tulungagung, Maryoto Birowo. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo mengatakan, rapat ini digelar untuk menindak lanjuti surat intruksi dari Kapolda, Bakesbangpol dan IPSI Jawa Timur, terkait penertiban tugu pencak silat. Munculnya surat tersebut didasarkan adanya konflik antar perguruan pencak silat yang dipicu oleh keberadaan tugu pencak silat.

"Kami sudah lakukan pendekatan kepada beberapa perguruan pencak silat untuk mensosialisasikan rencana penertiban tugu," ujarnya, Jumat (11/08/2023).

Baca Juga: Video Ibu Dikeroyok Anggota Perguruan Silat di Tulungagung Viral

2. Pertimbangkan usulan tugu dirubah menjadi tugu pancasila

Tugu Perguruan Silat di Tulungagung Segera DitertibkanSusana rakor pembahasan tugu perguruan silat di Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Pasca terbitnya surat intruksi ini, beberapa perguruan pencak silat sudah mulai membongkar tugu masing-masing. Meskipun sebagian besar masih belum melakukan pembongkaran. Dalam rapat ini terdapat sejumlah usulan tugu pencak silat diubah menjadi tugu bersama berupa tugu pancasila. Usulan ini akan dibahas dalam rapat selanjutnya.

"Kalau kendala tentu namanya anggota perguruan pencak silat itu banyak dari anak muda yang jiwanya masih berapi-api. Jadi harus terus dilakukan pendekatan," tuturnya.

3. Ratusan tugu dibangun di lahan pemerintah

Tugu Perguruan Silat di Tulungagung Segera DitertibkanKapolres Tulungagung, AKBP Teuku Arsya Khadafi. IDN Times/Bramanta Pamungkas

Sementara itu, Kapolres Tulungagung AKBP Teuku Arsya Khadafi menambahkan, berdasarkan hasil inventarisasi terdapat 112 tugu perguruan silat. Dari jumlah tersebut sebanyak 106 tugu berdiri di lahan umum atau milik pemerintah. Pihaknya juga sudah membahas aturan hukum terkait pendirian tugu di lahan umum atau pemerintah.

"Kalau tugu di lahan pribadi, nanti akan jadi pembahasan di rakor selanjutnya. Saat ini kami masih fokus pada tugu di lahan pemerintah," imbuhnya.

Baca Juga: 4 Anggota Perguruan Silat Ditangkap Polisi, Kasus Penganiayaan

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya