Xpressair Resmi Buka Rute Penerbangan Banjarmasin-Banyuwangi 

Jumlah kunjungan wisatawan diharap bisa meningkat

Banyuwangi, IDN Times - Bandara Banyuwangi kembali membuka rute penerbangan baru. Kali ini, maskapai nasional Xpressair membuka rute penerbangan Banjarmasin-Banyuwangi mulai Sabtu (10/8). 

"Semoga penambahan rute baru ini semakin menambah keberkahan bagi masyarakat Banyuwangi. Jumlah kunjungan wisatawan bisa semakin meningkat," harap Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melalui facetime saat inaugural flight di Bandara Banyuwangi, Sabtu (10/8).

1. Rute ke Banjarmasin diharapkan bisa menjadi pintu gerbang ke Indonesia timur

Xpressair Resmi Buka Rute Penerbangan Banjarmasin-Banyuwangi IDN Times/Beautiful Banyuwangi

Anas melanjutkan, rute ke Banjarmasin ini diharapkan bisa menjadi pintu gerbang ke Indonesia timur. "Xpressair yang banyak beroperasi di Indonesia timur, tentunya akan bisa menjadi pintu gerbang masuknya wisatawan dari kawasan timur Indonesia," terangnya.

Jadwal keberangkatan dari Banjarmasin pada pukul 12.40 Wita dan tiba di Banyuwangi pada pukul 12.55 WIB. Sementara itu, kembali ke Banjarmasin pada pukul 13.25 WIB dan tiba pada pukul 15.40 Wita. Pesawat yang digunakan berjenis Boeing 737 dengan kapasitas 123 penumpang dari 140 seat yang tersedia.

"Rute Banjarmasin-Banyuwangi akan terbang tiga kali sepekan. Tepatnya pada Selasa, Kamis, dan Sabtu," ungkap Manajer Komersial Xpressair Seran Kathirvelu.

2. Bandara Banyuwangi melayani 6 jalur penerbangan

Xpressair Resmi Buka Rute Penerbangan Banjarmasin-Banyuwangi IDN Times/Beautiful Banyuwangi

Seran berharap, seiring waktu load factor bisa terus ditingkatkan. Terlebih melihat potensi Banyuwangi yang sangat bagus. "Kami sudah lakukan kajian. Untuk itu, kami berani membuka rute Banjarmasin ini. Semoga dalam waktu tidak terlalu lama, bisa terbang setiap hari," imbuhnya. 

Sehari sebelumnya, maskapai Citilink telah membuka rute Denpasar-Banyuwangi pergi-pulang  yang beroperasi setiap hari dengan menggunakan pesawat Airbus 320. 

Kini, Bandara Banyuwangi melayani 6 jalur penerbangan. Selain dengan Kuala Lumpur, bandara internasional ini juga membuka jalur penerbangan ke Jakarta, Surabaya, Denpasar, dan Manado. 

3. Executive General Manager Bandara Banyuwangi mengapresiasi Xpressair telah membuka rute Banjarmasin-Banyuwangi

Xpressair Resmi Buka Rute Penerbangan Banjarmasin-Banyuwangi IDN Times/Beautiful Banyuwangi

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Banyuwangi Anton Marthalius menyatakan apresiasinya terhadap Xpressair yang telah membuka rute Banjarmasin-Banyuwangi. 

"Memang tidak mudah membuka rute baru dan ini butuh effort yang kuat. Untuk itu, saya mengapresiasi Xpressair. Namun, kami yakin dengan potensi yang dimiliki Banyuwangi, akan membawa dampak positif bagi semua pihak. Apalagi tren kunjungan wisatawan Banyuwangi yang terus meningkat, baik wisatawan nusantara maupun domestik," kata Anton.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya