Wakil Ketua DPRD Curiga Ada Kesengajaan dalam Kematian Gajah KBS

DPRD akan memanggil pengelola KBS

Surabaya, IDN Times - Wakil Ketua DPRD Surabaya, AH Thony menduga ada unsur kesengajaan dalam kematian gajah bernama Dumbo di Kebun Binatang Surabaya (KBS). Menurut dia binatang appendix I seperti gajah membutuhkan perlakuan yang tidak bisa disamakan dengan binatang lainnya. Bahkan pemindahan binatang appendix I juga membutuhkan izin Presiden.

"Ketika ada appendix I sakit, mestinya ada laporan, yang mana ini tidak dilakukan. Informasi yang beredar, Dumbo sakit tidak dilaporkan, Dumbo mati juga tidak dilaporkan, bahkan Bawas juga tidak mendengar dan setelah Dumbo sakit BKSDA melakukan peninjauan juga tidak disampaikan," ujarnya, Senin (20/12/2021).

1. Sebut ada unsur menutupi kematian Dumbo

Wakil Ketua DPRD Curiga Ada Kesengajaan dalam Kematian Gajah KBSGajah Dumbo di Kebun Binatang Surabaya saat dikunjungi oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. IDN Times/Fitria Madia

Politisi Partai Gerindra itu menilai pihak Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS saat ini berusaha menutupi sakitnya Dumbo. "Artinya ada unsur kesengajaan dari manajemen atas sakitnya dumbo yang berujung kematian, ini suatu hal yang sangat fatal menurut kami," tegas Thoni.

Baca Juga: Gajah Sumatera Lahir di KBS, Risma Beri Nama Dumbo

2. Padahal tahun depan KBS disuntik Rp10 miliar

Wakil Ketua DPRD Curiga Ada Kesengajaan dalam Kematian Gajah KBSGajah Dumbo di Kebun Binatang Surabaya saat dikunjungi oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. IDN Times/Fitria Madia

Terkait dana untuk PDTS KBS, kata Thony, DPRD Surabaya mengalokasikan anggaran untuk penyertaan modal KBS sekitar Rp10 miliar pada 2022. Namun penambahan tersebut tidak diikuti semangat yang bagus. "Saya yakin penambahan modal ini sudah diketahui manajemen," katanya.

"Kemudian tiba-tiba ada binatang mati, artinya penambahan modal tersebut tidak diikuti spirit yang baik terkait keselamatan dan pengembangan yang bisa membuat KBS lebih bagus," dia memambahkan.

3. Minta segera gelar hearing dengan PDTS KBS

Wakil Ketua DPRD Curiga Ada Kesengajaan dalam Kematian Gajah KBSKondisi KBS selama long weekend, Oktober 2020. Dok. Humas KBS.

Lebih lanjut, Thony meminta kepada komisi untuk menggelar rapat dengar pendapat (hearing) secepatnya terhadap kematian Dumbo. "Kita minta agar secepatnya, kalau bisa minggu ini Komisi melakukan hearing terhadap kematian dumbo," tegasnya.

"Kami hanya minta kepada Wali Kota punya atensi besar terhadap KBS, dan melakukan pembenahan terhadap manajemennya, mulai direkturnya sampai ke bawah untuk dilengkapi," pungkasnya.

Baca Juga: Hasil Autopsi Kematian Gajah Dumbo Keluar Kamis Ini

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya