Upaya Satgas Mencegah Omicron Masuk Jatim

Lakukan whole genome squencing (WGS) di ITD Unair

Surabaya, IDN Times - COVID-19 varian omicron telah terdeteksi dan menginfeksi pasien di Indonesia. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) pun melakukan upaya pencegahan agar varian baru yang disebut-sebut lebih ganas daripada varian Delta ini tidak masuk ke wilayahnya.

1. Lakukan surveilans ketat

Upaya Satgas Mencegah Omicron Masuk JatimIlustrasi laboratorium (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Jubir Kuratif Satgas Penanganan COVID-19 Jatim, dr. Makhyan Jibril Al-Farabi mengatakan, meski varian omicron belum terdeteksi di Jatim, pihaknya tetap melakukan surveilans. Kegiatan ini merupakan pemantauan terhadap penyebaran penyakit COVID-19 untuk menemukan pola perkembangannya.

"Kita terus melakukan surveilans ketat untuk memastikan apakah memang ada varian omicron apa tidak," ujarnya.

Baca Juga: Omicron Masuk Indonesia, Surabaya Siapkan Razia Hingga Kampung Tangguh

2. CT Value rendah langsung dicek di ITD Unair

Upaya Satgas Mencegah Omicron Masuk JatimIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Jibril--sapaan karibnya-- memambahkan bahwa pihaknya juga mengirim sampel pasien-pasien yang positif COVID-19 dengan hasil CT Value rendah dan diduga ada penyebaran yang lebih cepat di wilayah tertentu.

"Kita lakukan whole genome squencing (WGS) di ITD Unair, sampai sekarang kita belum mendapatkan hasil yang menggambarkan kemiripan varian omicron," tegas dia.

3. Ingatkan protokol kesehatan dan vaksin

Upaya Satgas Mencegah Omicron Masuk JatimIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Nah, untuk pencegahannya, Pemprov Jatim mengingatkan bahwa senjata terbaik tetaplah protokol kesehatan yang ketat. Seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan secara rutin. Tak lupa, ada senjata tambahan yakni vaksinasi COVID-19.

"Tahun ini kita punya protokol kesehatan, sudah capaian vaksinasi cukup baik. Ada kolaborasi kuat antarforkompimda dan benar benar kuat menekan COVID-19. Jangan sampai varian omicron masuk Jatim," pungkasnya.

Baca Juga: Omicron Sudah Ada di RI, Pemerintah Didesak Larang TKA Masuk

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya