Satu Orang Diduga Hilang, Awan Panas Masih Terpantau di Semeru

Beberapa dusun diimbau tetap waspada

Lumajang, IDN Times - Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati menerima laporan dari BPBD Lumajang bahwa perkembangan terkini hingga pukul 07.00 WIB, warga yang sempat melakukan evakuasi telah kembali ke rumah masing-masing. Sedangkan 1 orang diduga hilang dan masih dalam konfirmasi petugas di lapangan.

"BPBD juga mencatat sejumlah kerugian materiil berupa alat deteksi di wilayah Sawur, aset penambangan warga termasuk alat berat dan kendaraan, hewan ternak, area kebun dan sawah, infrastruktur pipa dan tempat usaha warga," ujarnya tertulis, Rabu (2/12/2020).

1. Beberapa dusun diimbau tetap waspada

Satu Orang Diduga Hilang, Awan Panas Masih Terpantau di SemeruBPBD pasang tenda pengungsian warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Dok. Humas Pemprov Jatim.

BPBD setempat, kata Raditya, juga terus mengeluarkan imbauan kepada beberapa warga yang tinggal di lereng Gunung Semeru. Sebab, potensi erupsi masih ada. Masyarakat yang diimbau oleh BPBD Lumajang antara lain di Dusun Curah Koboan, Desa Supiturang dan Dusun Rowobaung, Desa Oro-oro Ombo.

"Wilayah tersebut berada di Kecamatan Pronojiwo. Di samping kedua desa itu, warga di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro juga diminta hal yang sama," katanya.

2. Tempat pengungsian sudah disiapkan

Satu Orang Diduga Hilang, Awan Panas Masih Terpantau di SemeruBPBD pasang tenda pengungsian warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Dok. Humas Pemprov Jatim.

Untuk pengungsian bagi warga terdampak, Raditya mendapatkan laporan kalau sudah ada tempat yang disiapkan. Yakni berada di di Dusun Kamar Kajang, berupa tenda keluarga dua unit, lapangan di Desa Supiturang, SDN 4 Supiturang, SDN Sumberwuluh, halaman di sekitar pos pantau Gunung Sawur dan pos komando di balai Desa Supiturang.

"Di samping tempat, Palang Merah Indonesia (PMI) dan Dinas Sosial Kabupaten Lumajang membantu pelayanan dapur umur, termasuk penyediaan air bersih," terangnya.

Baca Juga: Semeru Waspada, Warga Sekitar Lereng Mulai Rasakan Hujan Abu Vulkanik

3. Awan panas dengan jarak luncur 2.500 ke arah tenggara

Satu Orang Diduga Hilang, Awan Panas Masih Terpantau di SemeruBPBD pasang tenda pengungsian warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Dok. Humas Pemprov Jatim.

Sementara, terkait dengan kondisi terakhir sekitar Gunung Semeru, pantauan pada pukul 00.00 – 06.00 WIB, gunung terlihat jelas dan asap kawah tidak teramati. Awan panas guguran teramati dengan jarak luncur 2.500 meter ke arah tenggara. Parameter aktivitas lainnya yaitu tremor 2 kali dengan durasi berkisar 1.798 hingga 2.400 detik.

PVMBG merekomendasikan masyarakat tidak melakukan aktivitas di dalam radius 1 km dan wilayah sejauh 4 km di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif yang merupakan wilayah bukaan Kawah Jongring Seloko sebagai alur luncuran awan panas. Warga diminta untuk mewaspadai gugurnya kubah lava di Kawah Jongring Seloko.

"BNPB terus memonitor penanganan darurat dan kondisi aktivitas vulkanik dengan berkoordinasi dengan BPBD setempat," tutup Raditya.

Baca Juga: Semeru Keluarkan Guguran Awan Panas, Ratusan Warga Lumajang Mengungsi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya