Comscore Tracker

PSSI Jatim: Liga 3 Ditunda karena Ada Investigasi Kanjuruhan

Semua kompetisi juga ditunda

Surabaya, IDN Times - Gelaran Liga 3 2022/2023 resmi ditunda. Penundaan ini merupakan buntut panjang tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan pada Sabtu (1/10/2022) malam. Dalam tragedi tersebut dilaporkan sebanyak 131 orang meninggal dunia.

1. Liga 3 dan seluruh komepetisi ditunda

PSSI Jatim: Liga 3 Ditunda karena Ada Investigasi KanjuruhanPersipa Pati pada laga di Liga 3. (Instagram/@persipaofficial)

Kepastian penundaan Liga 3 ini disampaikan oleh Sekretaris PSSI Jatim, Dyan Puspito Rini. Ririn--sapaan karibnya- menyampaikan, tak hanya Liga 3 saja yang ditunda, seluruh kompetisi sepak bola yang ada di Indonesia juga tertunda.

"Semua aktifitas kompetisi Liga 3 PSSI Jatim dan turunannya, termasuk Piala Soeratin yang saat ini sedang berputar di Asosiasi Kabupaten/Kota di Jatim dihentikan sementara," ujarnya di Kantor PSSI Jatim, Kamis (6/10/2022).

2. Karena masih ada proses investigasi oleh TGIPF

PSSI Jatim: Liga 3 Ditunda karena Ada Investigasi KanjuruhanSuasana rapat TGIPF Kanjuruhan yang digelar kali pertama pada Selasa, 4 Oktober 2022. (Dokumentasi Polhukam)

Alasan penundaan kompetisi, sambung Ririn, selain buntut tragedi Kanjuruhan, juga tindak lanjut dari arahan pemerintah melalui Mahfud MD Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan keamanan (Menkopolhukam), tentang penghentian aktivitas kompetisi Liga 1, 2 dan 3 sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

"Keputusan ini juga untuk menghormati upaya investigasi yang sedang dilakukan Tim Gabungan Investigasi Pencari Fakta (TGIPF) terkait Tragedi Kanjuruhan Malang," kata dia.

3. Instruksikan asosiasi di kabupaten/kota patuhi keputusan penundaan kompetisi

PSSI Jatim: Liga 3 Ditunda karena Ada Investigasi KanjuruhanSekretaris Asprov PSSI Jatim, Dyan Puspito Rini. Dok. Ist

Ririn meminta semua Asosiasi Kabupaten/Kota untuk menjalankan instruksi tersebut tanpa terkecuali. Penghentian sementara semua kompetisi ini termasuk turnamen kelompok umur. "Untuk Piala Soeratin saya minta dihentikan selama satu minggu. Setelah itu bisa digelar kembali tapi tentu setelah ada koordinasi dengan pihak keamanan," katanya.

Ririn berharap proses investigasi selesai secepatnya dan masalah terkait Tragedi Kanjuruhan bisa segera tuntas dan menghasilkan yang terbaik untuk sepak bola Nasional. "Seperti yang kami sampaikan sejak awal, kami sangat mendukung upaya investigasi yang dilakukan pemerintah demi kemajuan sepak bola Indonesia ke depan," pungkas dia.

Baca Juga: Pengaturan Skor Liga 3, Bambang Suryo Divonis 2 Tahun Penjara

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya