Comscore Tracker

3 Gedung Disiapkan untuk Isolasi Warga Bangkalan Positif COVID-19

BPWS, BLK dan Balai Diklat

Surabaya, IDN Times - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Jawa Timur (Jatim), dr. Makhyan Jibril Al-Farabi membenarkan bahwa sejumlah gedung sedang disiapkan untuk tempat isolasi warga Bangkalan yang positif COVID-19. Totalnya ada tiga gedung yang siap digunakan.

1. Yang disiapkan BPWS, BLK dan Balai Diklat

3 Gedung Disiapkan untuk Isolasi Warga Bangkalan Positif COVID-19Ilustrasi corona. IDN Times/Mardya Shakti

dr. Jibril--panggilan karibnya- menyebut, tiga gedung yang disiapkan ialah Eks Kantor Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura (BPWS) Bangkalan, Balai Latihan Kerja (BLK) Bangkalan dan Balai Diklat Bangkalan. Khusus BPWS, sudah difungsikan sebagai sebagai tempat isolasi.

"BPWS difungsikan sebagai isolasi Covid-19 terpusat di Bangkalan, kapasitas 72 orang, dan sudah terisi sebanyak 55 pasien," ujarnya, Selasa (15/6/2021).

Baca Juga: Menkes Minta Surabaya Bantu Rawat Pasien COVID-19 dari Bangkalan

2. Kapasitasnya capai 50 bed ke atas

3 Gedung Disiapkan untuk Isolasi Warga Bangkalan Positif COVID-19(Ilustrasi dirawat di rumah sakit) IDN Times/Sukma Shakti

Sementara untuk Gedung BLK, dr. Jibril mengatakan kalau kapasitasnya mencapai 50 bed. Kemudia Gedung Balai Diklat mampu menampung hingga 74 pasien. Selain ketiga tempat itu, RSUD Bangkalan sendiri telah ditingkatkan kapasitasnya menjadi 150 bed isolasi dan 14 ICU.

"BLK bisa untuk 50 bed, dan Balai Diklat bisa menampung 74 pasien," ucap dia.

3. Siapkan enam rumah sakit penunjang di Surabaya

3 Gedung Disiapkan untuk Isolasi Warga Bangkalan Positif COVID-19Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat di IGD Khusus Penyakit Menular RSUD dr Soetomo, Surabaya, Minggu (6/12/2020). Dok. Humas Pemprov Jatim

Tak hanya mengandalkan tiga gedung dan satu rumah sakit, pemerintah juga menyiapkan enam rumah sakit di Surabaya untuk siap menerima limpahan dari Bangkalan maupun penyekatan Suramadu. Seperti RSUD dr. Soetomo, RS Unair, RS Haji Surabaya, RS PHC, RS Adi Husada Undaan dan RS Al Irsyad. Serta RS Darurat Lapangan Indrapura yang sudah mulai merawat pasien-pasien dari Bangkalan.

Baca Juga: Unair Duga Varian Delta Penyebab Lonjakan Kasus COVID-19 Bangkalan

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya