Kencur Vanessa Banyak Diburu Pembeli di Tengah Merebaknya Virus Corona

Berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Surabaya, IDN Times - Sejak virus corona dikabarkan masuk ke Indonesia, kini empon-empon atau rempah-rempah jadi primadona. Banyak masyarakat yang memburunya. Pasalnya, komoditas tersebut dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak rentan terserang virus.

Dari sejumlah jenis empon-empon, di Pasar Keputran Surabaya pedagang punya satu jenis yang cukup banyak diburu. Namanya Kencur Vanessa. Memang agak aneh penamaan ini, yang jelas kencur yang satu ini punya khasiat yang bagus untuk imunitas tubuh.

1. Ukurannya kecil tapi rasanya nendang

Kencur Vanessa Banyak Diburu Pembeli di Tengah Merebaknya Virus CoronaHalimah (35) pedagang rempah-rempah ( IDN Times/Ardiansyah Fajar)

Pelabelan 'Vanessa' di belakang salah satu jenis kencur yang dijual di Pasar Keputran bukan tanpa alasan. Mulanya seperti guyonan, tapi ternyata nama itu sudah akrab digunakan para pedagang Pasar Keputran.

"Soalnya ukurannya kecil, tapi rasanya jangan ditanya lagi," ujar salah seorang pedagang Halimah (35) saat ditemui IDN Times di pasar, Kamis malam (5/3).

2. Diimpor dari Vietnam

Kencur Vanessa Banyak Diburu Pembeli di Tengah Merebaknya Virus CoronaHalimah (35) pedagang Kencur Vanessa di Pasar Keputran Surabaya saat ditemui, Kamis (5/3). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Apabila biasanya kencur bisa diambil dari petani lokal, berbeda dengan Kencur Vanessa. Kencur yang satu ini, menurut keterangan pedagang pasar, diimpor dari luar negeri. Makanya, persediaannya juga terbatas dan cepat ludes terjual.

"Impornya dari Vietnam," kata Halimah.

Baca Juga: Satgas Pangan Temukan Harga Empon-empon Naik 100 Persen di Pasaran

3. Harganya Rp80 ribu per kilogram

Kencur Vanessa Banyak Diburu Pembeli di Tengah Merebaknya Virus CoronaIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain ukuran, rasa dan asalnya, Kencur Vanessa saat ini dibanderol dengan harga yang tidak murah. Tidak dimungkiri, keluarga suku jahe-jahean atau Zingiberaceae mengalami kenaikan harga di tengah merebaknya virus Corona.

"Harganya sekarang Rp80 ribu, langka. Sebelumnya Rp40-50 ribu (per kilogram)," terang Halimah.

4. Bisa dimanfaatkan jamu dan bumbu

Kencur Vanessa Banyak Diburu Pembeli di Tengah Merebaknya Virus Coronailustrasi virus corona (IDN Times/Sukma Shakti)

Lebih lanjut, kencur vanessa biasanya dimanfaatkan untuk jamu. Bisa menjadi bahan olahan ataupun diolah khusus dengan cara diseduh. Kencur ini juga bisa dijadikan campuran bumbu dapur karena memiliki aroma yang khas. Segar dan menyeruak.

"Biasanya untuk jamu. Bisa buat jamu buat cegah virus corona," tandas Halimah.

Baca Juga: Bisa Tingkatkan Imunitas, Harga Empon-empon di Surabaya Merangkak Naik

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya