Jembatan Malang-Lumajang Putus Akibat Erupsi Semeru, Khofifah: Dicek

encananya, Khofifah berangkat ke Lumajang malam ini juga

Lumajang, IDN Times - Sebuah video  berdurasi 27 detik memperlihatkan kalau jembatan penghubung antara Malang ke Lumajang di kawasan Semeru terputus. Putusnya jembatan ini diduga akibat peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Semeru pukul 15.00 WIB, Sabtu (4/12/2021).

1. Akui ada infrastruktur Malang-Lumajang yang perlu dicek

Jembatan Malang-Lumajang Putus Akibat Erupsi Semeru, Khofifah: DicekIlustrasi gunung meletus. (IDN Times/Sukma Shakti)

Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa mendapatkan informasi kalau Tenaga Kesejahteraan Sosial (Tagana) sudah bergerak untuk mengeceknya. Dia menyebut, memang ada infrastuktur dari Malang ke Lumajang yang bermasalah.

"Lagi dicek infrastruktur yang dari Malang ke Lumajang. Ada info jembatan yang mumgkin harus dicek ulang," katanya.

2. Terjun ke Lumajang langsung

Jembatan Malang-Lumajang Putus Akibat Erupsi Semeru, Khofifah: DicekGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendatangi tiga rumah pompa di sepanjang aliran Sungai Kemuning, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Madura pada Sabtu (13/11/2021). Dok. Humas Pemprov Jatim.

Namun, lanjut mantan Menteri Sosial (Mensos) ini, ia belum mau bicara lebih rinci. Sebab, belum mengeceknya secara langsung. Rencananya, Khofifah berangkat ke Lumajang malam ini juga.  "Kalau aku sudah di sana, aku bisa cerita detail. Kalau ini koordinasi telepon, foto-foto," katanya.

3. Instruksikan kepala daerah Lumajang dan Malang koordinasi dan gotong royong

Jembatan Malang-Lumajang Putus Akibat Erupsi Semeru, Khofifah: DicekAbu vulkanik Gunung Semeru mengarah ke barat daya. IDN Times/Istimewa

Lebih lanjut, gubernur kelahiran Surabaya ini juga menginstruksikan kepala daerah di Malang maupun Lumajang dalam hal ini bupati, untuk terus koordinasi. Karena kunci keberhasilan mengatasi bencana alam ialah saling gotong royong.

"Insyaallah bupati/wali kota gotong royong bantu Lumajang," pungkasnya.

Baca Juga: [BREAKING] BPBD Jatim Terjunkan Tim untuk Evakuasi Warga di Semeru

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya