Izin Ponpes Shiddiqiyyah Dicabut, RMI NU Jatim Setuju

Mashok!

Surabaya, IDN Times - Kementerian Agama (Kemenag) resmi mencabut izin operasional Pondok Pesantren (Ponpes) Shiddiqiyyah di Ploso, Jombang. Diketahui ponpes tersebut menjadi sarang persembunyian tersangka pencabulan berinisial MSAT (42), yang sekarang masih buron. Ponpes ini juga diduga menjadi lokasi pencabulan santriwati.

1. RMI NU Jatim setuju ponpes ditutup

Izin Ponpes Shiddiqiyyah Dicabut, RMI NU Jatim SetujuKondisi Ponpes Asshddiqiyyah, Ploso, Jombang, Kamis (7/7/2022) malam setelah dilakukan pengepungan selama 9 jam. IDN Times/Zainul Arifin

Ketua Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur (Jatim), KH Iffatul Latoif mendukung pencabutan izin operasional ponpes tersebut. Menurutnya langkah tersebut sudah sangat tepat. Sebab, di sana sudah terbukti adanya kasus asusila.

"Bagus saya sangat setuju, karena kalau sudah terbukti adanya kasus seperti itu sebaiknya ditutup saja. Karena sudah jelas terbukti secara hukum," ujar Gus Toif--sapaan karib Ketua RMI Jatim- di Surabaya, Kamis (7/7/2022).

2. Penutupan bisa jadi efek jera

Izin Ponpes Shiddiqiyyah Dicabut, RMI NU Jatim SetujuProses penangkapan MSAT, anak kiai pelaku kekerasan seksual di Jombang, Kamis, (7/7/2022). IDN Times/ Zainul Arifin

Pencabutan izin hingga penutupan ponpes, sambung Gus Toif, bisa menjadi efek jera sekaligus pembelajaran bagi ponpes lainnya di Jatim maupun Indonesia. Sehingga, kejadian bejat serupa tidak bakal terjadi lagi. "Biar bisa memberi efek (jera) pada mereka," dia menegaskan.

"Ini sungguh memukul kami komunitas pesantren yang selama ini sungguh menjaga dan mencerdaskan kehidupan bangsa," dia menambahkan.

Baca Juga: Cari MSAT, Warga Sebut Polisi Sisir Pemakaman hingga Toilet

3. Ponpes Shidiqiyyah tidak ada kaitan dengan NU

Izin Ponpes Shiddiqiyyah Dicabut, RMI NU Jatim SetujuIlustrasi Logo NU (Nahdlatul Ulama) (Dok. ANTARA News)

Terkait status Ponpes Shidiqiyyah, Gus Toif membeberkan bahwa ponpes tersebut tidak masuk dalam naungan NU. "Yang saya tau bahwa pondok pesantren yang terjadi kasus itu lebih tidak mau berbaur dengan kami, bukan dari golongan orang-orang NU lebih jelasnya," kata dia.

"Masing-masing di pondok pesantren itu pasti sudah ada regulasinya. Masalahnya yang dalam kasus-kasus ini pesantren yang menyendiri. Karena pesantren itu tidak berbaur dengan komunitas pesantren kebanyakan, seperti itu," pungkasnya.

Baca Juga: 9 Jam Duduki Pesantren, Polisi Belum Temukan MSAT

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya