Comscore Tracker

Innova Tabrak Tenda Buruh di Pasuruan, Empat Orang Tewas

Para buruh sedang menggelar aksi mogok kerja

Pasuruan, IDN Times - Tragedi nahas terjadi di Jalan Malang-Surabaya tepatnya di Desa Suwayuwo, Sukorejo, Pasuruan pukul 01.30 WIB, Selasa dini hari (10/3). Satu mobil Toyota Innova bernopol AG 1271 VI menyeruduk sejumlah kendaraan roda dua yang terparkir di PT Sumber Bening Lestari dan satu tenda berisi buruh mogok kerja. Akibat kecelakaan ini, empat orang buruh tewas.

1. Sopir diduga mengantuk

Innova Tabrak Tenda Buruh di Pasuruan, Empat Orang TewasIlustrasi kecelakaan (IDN Times/Cije Khalifatullah)

Kabid Humas Polda Jawa Timur (Jatim) Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan, juat dugaan sopir Innova mengantuk. Sopir diketahui atas nama Sopyan Wahyu Pujoningrat (32), asal Sumolawang, Kecamatan Puri, Mojokerto.

"Mobil berjalan dari arah Selatan ke Utara dengan kecepatan sedang. Sesampainya di TKP, pengemudi diduga mengantuk dan kendaraan Innova tersebut mengarah ke kiri dan berjalan di bahu jalan," terang Trunoyodo melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

2. Mobil oleng lalu tabrak motor parkir dan tenda berisi 10 buruh

Innova Tabrak Tenda Buruh di Pasuruan, Empat Orang TewasIlustrasi kecelakaan mobil. IDN Times/Mia Amalia

Dugaan itu muncul karena mobil terlihat oleng sesaat sebelum celaka. Mobil yang memuat satu keluarga ini kemudian menabarak sepeda motor yang terparkir. Selanjutnya, mobil menabrak sebuah tenda yang berisi 10 buruh. Para buruh tersebut diketahui sedang menggelar aksi mogok kerja.

"Mobil menabrak tenda berisi sepuluh orang. Tenda tersebut berada di trotoar. Kemudian mobil menabrak pagar perumahan," imbuh alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1995 tersebut.

Baca Juga: Kecelakaan Maut, Sebuah Bus Terperosok di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto

3. Empat buruh meninggal, dua luka, dan enam sepeda motor rusak

Innova Tabrak Tenda Buruh di Pasuruan, Empat Orang TewasIlustrasi kecelakaan motor. IDN Times/Mia Amalia

Akibatnya, empat orang buruh meninggal dunia dan dua lainnya mengalami luka ringan. Sedangkan pengemudi dan penumpang mobil tidak mengalami luka.

Adapun identitas keempat buruh yang meninggal adalah Hamzah, warga Dusun Gambiran, Prigen, Pasuruan; Doni Fatohah, warga Dusun Ngepung, Patianworo, Nganjuk; Ahmad Yani, warga Karah, Pandaan, Pasuruan; dan Sucipto, asal Jatih Tengah, Pandaan, Pasuruan.

"Selain korban, ada enam kendaraan roda dua. Mobil yang menabrak mengalami kerusakan, kerugian materi ditaksir Rp8,8 juta," ucap Trunoyudo.

4. Polisi olah TKP, sopir diperiksa di Polres Pasuruan

Innova Tabrak Tenda Buruh di Pasuruan, Empat Orang TewasIlustrasi kecelakaan lalu lintas - IDN Times/Arief Rahmat

Lebih lanjut, polisi masih mendalami kasus ini. Mereka sudah melakukan olah TKP, meminta keterangan saksi mata, dan mengumpulkan sejumlah barang bukti.

"Sopir juga saat ini sedang diperiksa petugas di Polres Pasuruan," ucap perwira polisi dengan tiga melati di pundak tersebut.

Baca Juga: Kecelakaan di Ahmad Yani Surabaya, Dua Orang Meninggal Dunia

Topic:

  • Ardiansyah Fajar
  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya