Hasna, Mahasiswa Baru ITS yang Masih Berusia 15 Tahun

Lho, usia segitu uda kuliah bestie?

Surabaya, IDN Times - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya punya mahasiswa termuda tahun ini. Namanya, Hasna Nur Shadrina, asal Tangerang. Usianya masih 15 tahun lebih 5 bulan. Pada seleksi mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023 ini ia diterima di Departemen Teknik Lingkungan ITS.

1. Bisa jadi mahasiswa termuda karena ikut akselerasi semasa sekolah

Hasna, Mahasiswa Baru ITS yang Masih Berusia 15 TahunHasna Nur Shadrina, mahasiswa termuda ITS. Dok. Humas ITS.

Apa yang dicapai Hasna hari ini berkat keikutsertaannya dalam program akselerasi. Program akselerasi tersebut dijalaninya ketika duduk di bangku SD dan SMP. “Dulu umur tiga tahun sudah TK dan masuk SD memang belum berusia enam tahun,” tutur gadis berkelahiran 28 Maret 2007 itu. KIni, saat teman sebayanya masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), ia sudah menyandang status mahasiswa baru.

2. Sempat gagal di SBMPTN tapi diterima jalur Mandiri

Hasna, Mahasiswa Baru ITS yang Masih Berusia 15 Tahunits.ac.id

Namun, anak pasangan Yustisia Katrini dan Teddy Tresna Indrapraja ini mengakui tak mudah lolos seleksi ITS. Ia sempat mencoba Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) namun gagal. Ia pun mencoba jalur seleksi Mandiri ITS dan akhirnya diterima di jurusan Teknik Lingkungan.

Hasna pun mengungkapkan alasannya memilih jurusan tersebut. “Saya tertarik pada pengelolaan limbah dan sampah, maka dari itu saya memilih Teknik Lingkungan ITS,” ungkap Hasna. 

Hasna  tidak menyangka dapat diterima di kampus ITS melalui jalur seleksi Mandiri. Apalagi ketika ia dinobatkan sebagai mahasiswa termuda ITS di angkatannya saat ini.  “ITS merupakan salah satu kampus ternama di Indonesia, jadi pasti banyak diincar teman-teman muda Indonesia,” dia menambahkan.

Baca Juga: Dosen ITS Bikin Aplikasi Bumil Bahagia, Intip Isinya Yuk!

3. Pengin lulus tepat waktu, lanjutkan S2 di luar negeri

Hasna, Mahasiswa Baru ITS yang Masih Berusia 15 TahunHasna Nur Shadrina, mahasiswa termuda ITS. Dok. Humas ITS.

Bungsu dari dua bersaudara ini berjanji tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang telah diraihnya sebagai mahasiswa ITS. Ia merasa ITS akan menjadi wadah pengembangan diri yang harus dimaksimalkan. Apalagi, kata Hasna, ia harus jauh dari keluarganya di Tangerang.

“Belum ada rencana yang spesifik ke depannya, tetapi ingin lulus tepat waktu dengan nilai yang memuaskan dan melanjutkan S2 ke luar negeri,” tandasnya percaya diri.

Baca Juga: Keren, 5 Mahasiswa ITS Bikin Rompi Deteksi Serangan Jantung Koroner

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya