Harap Bersabar, Haji Tahun Ini Belum Pasti!

Doakan semoga lekas dibuka lagi

Surabaya, IDN Times - Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur (Jatim) belum mendapat kepastian kuota untuk ibadah haji tahun ini. Bahkan, skema umrah di tengah pandemik COVID-19 yang mulai dibolehkan juga berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

1. Mekanisme Umrah ditangani terpusat dari Jakarta

Harap Bersabar, Haji Tahun Ini Belum Pasti!Ilustrasi rombongan jemaah haji. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Jatim, M. Nurul Huda mengatakan, pemberangkatan umrah tahun ini dipusatkan di Jakarta. Pasalnya, setiap aturan sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat. Termasuk kewajiban karantina.

"Sampai detik ini semua terpusat di Jakarta, satu pintu. Umrah itu yang menangani travel, kami hanya dapat laporan. Tidak ditangani Kanwil atau Kemenag, semua ditangani travel. Kami hanya jadi memonitor," ujarnya saat ditelepon, Rabu (12/1/2022).

Baca Juga: Ibadah Haji Batal Lagi, Biro Haji Kehilangan Pendapatan Ratusan Miliar

2. Kemenag hanya beri sosialisasi

Harap Bersabar, Haji Tahun Ini Belum Pasti!Ilustrasi (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Terkait jumlah jemaah umrah dari Jatim sendiri, Huda mengaku belum mendapatkan angka pastinya. Sebab, semua data dihimpun secara terpusat di Jakarta. Sehingga, jemaah yang ingin umrah tercatat sebagai data pusat. "Semua kan ada di Jakarta. Iya (kuotanya nasional)," ucap dia.

"Kemenag hanya berikan (sosialisasi) bahwa ada regulasi tolong ditaati, antara lain vaksin dan semuanya. Habis itu beliau (travel) melakukan (membawa) jemaah umrahnya sendiri," Huda menjelaskan.

3. Jika umrah sukses, haji tahun ini digelar

Harap Bersabar, Haji Tahun Ini Belum Pasti!Petugas melakukan scan barang milik Jamaah Haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Berbeda dengan ibadah haji, lanjut Huda, Kemenag berkewajiban penuh menangani para jemaah. Nah, pelaksanaan haji tahun ini pun belum ada kepastian untuk jemaah Indonesia. "Haji reguler kami yang menanganinya. Ketika umrah ini bisa terlaksana dengan baik. Maka haji InsyaAllah ada," pungkas dia.

Baca Juga: Vaksin COVID-19 Booster, Jatim Masih Tunggu SOP

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya