Dugaan Ijazah Palsu Bupati Ponorogo, Rektor Kampus: Sugiri Lulus 2006 

Rektornya juga sudah dipanggil jadi saksi

Surabaya, IDN Times - Pelaporan dugaan ijazah palsu Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko membuat kampus tempatnya kuliah sarjana buka suara. Rektor Universitas Tritunggal, Surabaya, Yudhihari Hendrahardana yang menegaskan kalau Sugiri berkuliah sampai lulus di kampusnya.

"Pak Sugiri pernah berkuliah di sini, membuat skripsi, yudisium hingga diwisuda di kampus ini," ujarnya dalam keterangan yang diterima, Kamis (3/2/2022).

1. Sugiri lulus sarjana ekonomi sejak 2006

Dugaan Ijazah Palsu Bupati Ponorogo, Rektor Kampus: Sugiri Lulus 2006 Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. DOk.IDN Times/Istimewa

Sugiri, lanjut Yudhihari, tercatat sebagai alumni Universitas Tritunggal Surabaya dengan nomor pokok mahasiswa 0204026. Dia dinyatakan lulus pada tahun 2006 lalu. "Yang bersangkutan lulus pada sidang yudisium pada Juli 2006 dan berijazah sarjana ekonomi tertanggal 24 Juli 2006," dia menegaskan.

Terkait kasus dugaan pemalsuan ijazah yang ditangani Ditreskrimum Polda Jatim, Yudhihari telah mengetahuinya. Bahkan, dia mendapat panggilan dari penyidik, serta diperiksa sebagai saksi pada Senin (31/1/2022) lalu. Dia menunjukkan bahwa  transkrip nilai, surat keputusan yudisium dan fotocopy ijazah Sugiri Sancoko benar ada.

"Saya tidak membela Bupati Ponorogo secara pribadi, ini sudah tanggung jawab saya sebagai pimpinan perguruan tinggi," kata dia.

Baca Juga: Terkendala Bulu Merak, Reog Ponorogo Belum Diakui UNESCO

2. Nama Sugiri hilang dari daftar data kelulusan setelah ada konflik internal pengelola kampus

Dugaan Ijazah Palsu Bupati Ponorogo, Rektor Kampus: Sugiri Lulus 2006 Rektor Universitas Tritunggal, Surabaya, Yudhihari Hendrahardana tunjukkan surat keterangan kelulisan Sugiri Sancoko. Dok. Istimewa

Yudhihari menjelaskan bahwa Sugiri bukan satu-satunya alumni yang namanya hilang dari data kelulusan pascakonflik internal perguruan tinggi yang kini dipimpinnya. Banyak lulusan Universitas Tritunggal Surabaya yang juga mengalami hal sama.

"Namun semuanya clear, karena kami selalu pasang badan untuk kepentingan lulusan-lulusan kami," pungkasnya.

3. Polda Jatim sudah lakukan pemeriksaan atas kasus ini

Dugaan Ijazah Palsu Bupati Ponorogo, Rektor Kampus: Sugiri Lulus 2006 Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko di Puncak Petapan Gunung Pringgitan, Ponorogo. (instagram.com/sugirisancoko26).

Diveritakan sebelumnya, Polda Jawa Timur (Jatim) menerima laporan dugaan pemalsuan ijazah yang dilakukan Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko. Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, proses yang dilakukan Korps Bhayangkara saat ini masih dalam tahap penyelidikan. Nah, perkembangan penyelidikan ini menjadi kewenangan penuh penyidik Ditreskrimum Polda Jatim.

"Masih dilakukan penyelidikan oleh Ditkrimum Polda Jatim," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (31/1/2022).

Baca Juga: Dugaan Ijazah Palsu Bupati Ponorogo Diselidiki Polda Jatim

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya