Dua Kabupaten di Jatim Masih Terendam Banjir, Ribuan KK Terdampak

Semoga cepat surut ya!

Surabaya, IDN Times - Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim), Satriyo Nur Seno menyampaikan bahwa banjir di sejumlah daerah belum surut. Data yang diterima IDN Times menyebut ada enam daerah banjir, empat sudah surut dan dua sisanya belum.

1. Pasuruan dan Sidoarjo masih belum surut

Dua Kabupaten di Jatim Masih Terendam Banjir, Ribuan KK TerdampakKondisi banjir di Kabupaten Pasuruan. Dok. Humas BNPB

Dua daerah yang masih tergenang banjir yakni Kabupaten Pasuruan dan Sidoarjo. Nah, di Kabupaten Pasuruan ada dua kecamatan yang terdampak. Kecamatan Beji terdiri dari Desa Kedungringin, Kedungboto dan Cangking Malang. Ketinggian air mulai dari 10-80 cm pada pukul 10.00 WIB, Selasa (3/11/2020).

Kemudian di Kecamatan Gempol yang terdampak Desa Gempol, Kejapanan dan Legok. Ketinggian air saat ini 20-50 cm. Dari kedua kecamatan di Kabupaten Pasuruan total sebanyak 4.979 KK yang terdampak. "(Di Pasuruan) belum surut," ujarnya dikonfirmasi.

Sementara di Sidoarjo, ada dua kecamatan yang banjirnya belum surut. Ialah Kecamatan Tanggulangin terdiri dari Desa Kedungbanteng, Banjarasri, Banjarpanji dan Kalitengah. Serta Kecamatan Porong ada di Desa Kesambi, Pesawahan, Pamotan dan Gedang. Ketinggian air 10-20 cm.

2. Mojokerto, Ngawi, Jombang, dan Pacitan sudah surut

Dua Kabupaten di Jatim Masih Terendam Banjir, Ribuan KK TerdampakKondisi banjir di Kabupaten Pasuruan. Dok. Humas BNPB

Lebih lanjut di Kabupaten Mojokerto tepatnya di Dusun Donorejo, Desa Jasem, Kecamatan Ngoro; Dusun Ngengor, Desa Ngarjo, Kecamatan Mojoanyar; Dusun Mojogeneng, Desa Sadartengah, Kecamatan Mojoanyar, Desa Wunut, Kecamatan Mojoanyar dipastikan telah surut.

Begitu juga Ngawi tepatnya di Desa Simo, Sumengko, Tirak,  Purwosari, Dinden, Kendung, Kecamatan Kwadungan;  Desa Waruk Tengah, Gandrai, Pleset, Ngompro, Kecamatan Pangkur; Desa Kasreman, Kecamatan Geneng; Desa Bendo, Kecataman Padas; Desa Mangunharjo, Kecamatan Ngawi.

BPBD juga melaporkan banjir sudah surut di Dusun Kebondalem, Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang. Serta di Dusun Jati, Desa Purworejo, Dusun krajan Bugel, Desa Purworejo, Desa Kayen, Dusun Nitikan, Desa Sukoharjo, Dusun Krajan, Desa Sirnoboyo, Kecamatan Pacitan; Dusun Nglaos, Desa Banjarjo, Dusun Purwosari, Desa Purwoasri, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan.

Baca Juga: 6.379 KK di Kabupaten Pasuruan Terdampak Banjir

3. BPBD Jatim evakuasi warga terdampak dan salurkan bantuan

Dua Kabupaten di Jatim Masih Terendam Banjir, Ribuan KK TerdampakIlustrasi banjir. Dok.IDN Times/Istimewa

Satriyo menambahkan, Pemprov Jatim sudah melakukan upaya-upaya dalam rangka support kabupaten/kota yang masih terdampak banjir. BPBD Jatim juga sejak Senin (2/11/2020) telah menurunkan TRC dan perahu karet untuk membantu evakuasi maupun pengiriman logistik.

"Kemudian mengiriman bahan makanan. Dinsos provinsi dan Tagana juga telah mendirikan dapur umum untuk mensupport kebutuhan makan warga," pungkasnya.

Baca Juga: Kali Tersumbat Sampah, Puluhan Rumah di Madiun Tergenang Banjir 

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya