Cegah Virus Corona, Kampus-kampus di Surabaya Siapkan Kuliah Daring

Ada beberapa kampus yang masih kuliah tatap muka

Surabaya, IDN Times - Sebaran virus corona mulai merebak luas di Indonesia. Sejumlah perguruan tinggi mulai memberlakukan kuliah daring atau online. Hal serupa juga terjadi di Surabaya. 

 

1. Uinsa terapkan kuliah online pekan depan

Cegah Virus Corona, Kampus-kampus di Surabaya Siapkan Kuliah DaringInstagram.com/uinsa_surabaya

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa) menjadi salah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya yang memberlakukan kuliah online antisipasi virus corona. Hal tersebut diketahui dari surat edaran bernomor: Pt-817.A/Un.07/01/R/PP.00.1/03/2020, Sabtu (14/3).

"Diberitahukan kepada seluruh Dekan dan Direktur Pascasarjana, bahwa dalam rangka pencegahan meluasnya penyebaran COVID-19 serta menindaklanjuti protokol kesehatan pemerintah, maka diinstruksikan kepada para Dekan dan Direktur Pascasarjana untuk meniadakan perkuliahan dalam kelas pada tanggal 16-20 Maret 2020. Perkuliahan dapat digantikan dengan metode pembelajaran lainnya," isi surat edaran yang ditandatangani Rektor Uinsa, Masdar Hilmy.

Masdar pun membenarkan surat edaran tersebut. Intinya dia tidak meliburkan kuliau, dia hanya mengalihkan sistem pembelajarannya melalui online. Tujuannya meminimalisir kontak fisik yang berpotensi penularan virus corona.

"Prinsipnya kami meminimalisir kontak fisik antar orang ke orang di kampus," kata Masdar.

Dia juga mengimbau agar dosen dan mahasiswa Uinsa menunda kegiatan luar negeri terlebih dahulu. Masdar juga mengaku membatalkan rencana kunjungan ke Bandung dan Jambi.

"Perjalanan ke luar negeri dipending. Saya sendiri mestinya empat hari ke depan ke Bandung dan Jambi saya cancel semua," ucapnya.

2. Unair gelar UTS daring minggu depan

Cegah Virus Corona, Kampus-kampus di Surabaya Siapkan Kuliah DaringRektor Unair Profesor Nasih. (IDN Times/Fitria Madia)

Sama halnya dengan Uinsa, Universitas Airlangga (Unair) juga akan menggelar perkuliahan online. Berhubung agenda pekan depan Ujian Tengah Semester (UTS), Unair akan memaksimalkan ujian bagi para mahasiswa dengan cara online.

"Ujian kita selenggarakan semaksimal mungkin daring," ujar Rektor Unair, M. Nasih saat ditemui di Rumah Sakit Unair.

Selain itu, Unair juga berencana menggelar kuliah secara daring pasca-UTS. Namun keputusan ini belum pasti, karena melihat perkembangan ke depan penanganan virus corona. "Perkuliahan kita dorong menggunakan daring," kata Nasih.

Lebih lanjut, Nasih memastikan tidak menutup kampus. Semua aktivitas di Unair masih dibuka dan tidak dibatasi. Pihaknya juga memberikan suplemen bagi para civitas akedemika guna menjaga kebugaran.

"Menjaga semua yerjaga bugar, agar virus gak masuk. Aktivitas di kampus tidak kita batasi," ucap Nasih.

3. Unesa siapkan kuliah online

Cegah Virus Corona, Kampus-kampus di Surabaya Siapkan Kuliah DaringVinda Maya Setya Ningrum, Humas Unesa dalam acaraSosialisasi Penerimaan Mahasiswa Unesa dari Wuhan Rabu (12/2). IDN Times/Tarida Alif

Hal serupa juga diterapkan Universitas Negeri Surabaya (Unesa), unviersitas yang dulunya bernama IKIP Surabaya ini akan memberlakukan kuliah online bagi para mahasiswanya. Beberapa opsi yang bisa dilakukan dosen ialah memberikan materi lewat pesan elektronik Email atau WhatsApp Group (WAG). Termasuk pelaksanaan UTS online.

"Jadi (online), perkulihan yang online, UTS juga online," kata Humas Unesa, Vinda Maya Setianingrum.

Namun, lanjut Vinda, layanan di Unesa semuanya dipastikan tetap berjalan normal. Karena dosen maupun karyawan diwajibkan masuk. Menariknya, setiap akan ke ruang kerja, suhu mereka akan diukur dengan thermal detector.

"Dosen dan karyawan wajib mengukur suhu tubuh di kampus setiap akan masuk kerja, layanan umum tetap jalan," ucap Vinda.

4. ITS siapkan media untuk kuliah online, kampus akan disemprot disinfektan

Cegah Virus Corona, Kampus-kampus di Surabaya Siapkan Kuliah Daringits.ac.id

Sementara itu, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sedang menyiapkan media untuk kuliah online. Penerapannya diperkirakan mulai Senin (16/3). "Jadi bisa mengikuti kuliah di tempat masing-masing, termasuk dosennya," kata Sekretaris Institut ITS, Suhartono.

"Jadi mahasiswa dan dosen tidak perlu mendatangi suatu tempat untuk presensi . Hanya perlu lewat handphone, selama ini sudah jalan (presensi online) hanya saja dilakukan di kelas," lanjutnya.

Selama perkuliahan dialihkan ke sistem online, pihak kampus juga berencana menyemprotkan disinfektan di kampus.

Lebih lanjut, jika mhasiswa membutuhkan konsultasi bisa memakai media online yang lebih fleksibel. Seperti WAG maupun google class room atau share ITS. "Tim online kami juga sudah ada," ucap Suhartono.

Sejumlah agenda yang melibatkan banyak massa juga dibatalkan. Mulai dari bursa karir, wisuda di departemen, conference dan talkshow. "Pameran di Kanada juga telah dibatalkan penyelenggaranya," katanya.

5. PENS tetap tatap muka bagi mahasiswa reguler

Cegah Virus Corona, Kampus-kampus di Surabaya Siapkan Kuliah Daring(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

 

Sedangkan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) tetap memberlakukan kuliah tatap muka bagi mahasiswa reguler. Kalau kuliah daring hanya diterapkan untuk dua prodi D3 PJJ (Pendidikan Jarak Jauh) Teknik Informatika dan D4 PJJ Teknik Telekomunikasi.

"Memang kedua prodi tersebut khusus izinya PJJ dan juga sudah terakreditasi B," ujarnya Wakil Rektor IV PENS, Edy Satriyanto dikonfirmasi IDN Times, Sabtu (14/3).

"Mahasiswa reguler e-Learning juga digunakan hanya sebagai pendukung pembelajaran saja, mahasiswa reguler sampai saat ini tetap menggunakan tatap muka," Edy menambahkan.

Alasan pemberlakuan tatap muka bagi mahasiswa reguler, lantaran masih ada kebutuhan praktik. "Vokasi harus basis laboratorium di kampus," ucap Edy.

Untuk meminimalisir virus yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, Tiongkok itu, PENS menyiapkan beberapa pencegahan. Seperti menyediakan antiseptik. "Setiap gedung kami sudah siapkan cairan hand sanitizer. Termasuk sosialisasi edaran dari kementrian," kata Edy.

Baca Juga: UB Terapkan Kuliah Online, Rektor Minta Mahasiswa Tetap di Malang

6. UPN terapkan tatap muka karena UTS dua minggu ke depan, acara di kampus diundur

Cegah Virus Corona, Kampus-kampus di Surabaya Siapkan Kuliah Daring(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

 

Senada dengan PENS, Universitas Pembangunan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Negeri Jatim juga masih merapkan kuliah tatap muka. Univeritas yang berlokasi di kawasan Rungkut Madya Surabaya ini bahkan rencananya menggelar Ujian Tengah Semester (UTS) pekan depan.

"Betul (masih tatap muka), kebetulan dua minggu ke depan ini kami sedang UTS," kata Humas UPN, Nizwan Amin.

Sedangkan untuk acara di kampus, Nizwan menyebut UPN akan mengundur pelaksanaannya dan menjadwalkan ulang. "Acara-acara besar yang mengundang massa di atas 500 orang sudah kami undur semua," ucap Nizwan.

Lebih lanjut, pihak kampus juga telah mengeluarkan surat edaran berupa imbauan pencegahan virus corona pada 3 Maret lalu. Isinya yakni penangguhan perjalanan luar negeri. Apabila yang baru saja pulang diminta segera periksa serta tidak menerima tamu asing terlebih dahulu.

"Setiap unit kerja harap menyediakan sabun cuci tangan dan hand sanitizer, selalu menjaga pola hidup sehat, olahraga cukup dan konsumsi makanan sehat," isi imbauan yang ditandatangani Rektor UPN, Akhmad Fauzi.

Baca Juga: Universitas Brawijaya Klarifikasi Kabar Mahasiswa Suspect Covid-19

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya