Blitar Diguncang Gempa 4,4 Magnitudo

Terasa hingga Malang

Blitar, IDN Times - Aktivitas pergeseran lempeng di Indonesia nampaknya sedang terjadi. Setelah gempa yang meluluhlantakan Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB). Baru-baru ini gempa mengguncang Palu dan Donggala Sulawesi Tengah. Tak disangka, gempa juga menggoyang Blitar Jawa Timur pukul 05.46 WIB, Senin (1/10).

1. Berkekuatan 4,4 magnitudo

Blitar Diguncang Gempa 4,4 MagnitudoBMKG

Dari infornasi BMKG, gempa yang mengguncang Blitar berkekuatan 4,4 magnitudo. Gempa ini berada di kedalaman 10 km. Tepatnya di laut 97 km Barat Daya Kabupaten Blitar, 8.95 LS dan 111.94 BT.
 

2. Gempa dirasakan hingga Malang

Blitar Diguncang Gempa 4,4 MagnitudoBMKG

Meski tidak sedahsyat di Lombok, Palu maupun Donggala. Gempa di Blitar rupanya dirasakan hingga Malang. Tak hanya itu, kawasan  Blitar baik kota maupun kabupaten turut merasakan getarannya.

3. Indonesia masuk ring of fire

Blitar Diguncang Gempa 4,4 Magnitudonationalgeographic.org

Untuk diketahui, sebagian besar wilayah di Indonesia masuk dalam ring of fire alias cincin api pasifik. Nah, tak heran jika suatu waktu terjadi gempa. Hal iti disebabkan karena adanya pergeseran lempeng. Aktivitas gunung berapi di Indonesia juga bisa mengakibatkan guncangan gempa. Cincin Api Pasifik adalah daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Daerah ini berbentuk seperti tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 km.

Baca Juga: Usai Digoyang Gempa Bumi, Saluran Komunikasi di Donggala Terputus

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya