Besok Ada Puluhan Ribu Massa Parade Tauhid, Benarkah?

Wah, bakalan macet lagi nih

Surabaya, IDN Times - Pamflet bela tauhid baru-baru ini beredar di media sosial. Pamflet itu menyebut akan ada aksi parade Tauhid di Surabaya, Jumat (2/11). Tepatnya usai Salat Jumat. Dalam parade tersebut, informasinya akan diikuti puluhan ribu massa. Polda Jatim pun membenarkan akan ada aksi Parade Tauhid itu.

1. Polda Jatim terima surat pemberitahuan aksi dengan meminta izin 10 ribu massa

Besok Ada Puluhan Ribu Massa Parade Tauhid, Benarkah?IDN Times/Habil Misbacul Amal

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan bahwa pihaknya telah menerima surat pemberitahuan akan ada aksi tersebut. Sementara untuk massanya, dia memprediksi tidak mencapai puluhan ribu.

"Surat pemberitahuan namanya, sudah diajukan. Memberitahukan saja kalau aksi. Polisi wajib mengamankan. Kalau mereka bilang 10 ribu, tapi belum tentu itu, paling 100 sampai 200 saja," imbuhnya," ujarnya, Kamis (1/11).

2. Polisi minta agar tidak membesarkan masalah

Besok Ada Puluhan Ribu Massa Parade Tauhid, Benarkah?IDN Times/Fitria Madia

Barung juga meminta kepada semua pihak agar tidak membesar-besarkan masalah ini. Pasalnya, kepolisian telah menangkap pelaku yang diduga menjadi provokator dengan membawa bendera mirip HTI. "Harapan saya masalah itu ndak usah dibesar-besarkan, kita sebagai sesama manusia bersama-sama membangun Jawa Timur saja," harapnya. 

Baca Juga: Datang Sejak Dini Hari, Massa Aksi Bela Kalimat Tauhid Batal Aksi

3. Polisi imbau agar tidak usah turun ke jalan jika ganggu ketertiban

Besok Ada Puluhan Ribu Massa Parade Tauhid, Benarkah?IDN Times/Fitria Madia

Tak lupa, pihak kepolisian melalui Kabid Humas Polda Jatim juga mengimbau agar masyarakat tak turut serta jika akan mengganggu ketertiban. "Tidak usah turun kalau mengganggu ketertiban, Kapolda sudah menyampaikan di berbagai kesempatan, saya juga sudah menyampaikan," pungkas Barung.

Baca Juga: Banyak Bermunculan Spanduk Aremania Tolak Bela Tauhid di Kota Malang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya