TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Video Dinosaurus Viral, Mojosemi Forest Park Magetan Diserbu Pelancong

Bagian dari strategi marketing

Pengunjung Mojosemi Forest Park sedang memerhatikan salah satu dinosaurus di lokasi wisata d Lereng Gunung Lawu wilayah Magetan. Dok. IDN Times/Istimewa

Magetan, IDN Times - Animo wisatawan yang berkunjung ke Mojosemi Forest Park di lereng Gunung Lawu, Kabupaten Magetan meningkat di tengah pandemik COVID-19. Pemicunya karena video replika dinosaurus yang berusaha dijinakkan beberapa orang viral di media sosial.

Video yang memperlihatkan Riceratops turun dari truk itu ramai dibicarakan para netizen sejak Senin (14/12/2020). Awalnya, banyak yang menilai seekor binatang purba itu di benar-benar ada.

“Mungkin karena penasaran, maka sejak dua hari lalu pengunjung bertambah lebih dari seratus persen,” kata Wakil Komisaris Mojosemi Forest Park, Honggo Utomo saat dihubungi IDN Times, Rabu (16/12/2020).

1. Dikonsep untuk menarik wisatawan saat libur akhir tahun

Pengunjung Mojosemi Forest Park sedang melakukan swafoto dengan latar belakang seekor dinosaurus. Dok. IDN Times/Istimewa

Ia tidak menyebut jumlah peningkatan pelancong. Honggo hanya mengumpamakan jika saat libur akhir pekan tercatat ada 100 wisatawan, maka sejak viralnya video dinosaurus menjadi 200 hingga 300 pengunjung.

Berdasarkan tinjauan marketing, ia menyatakan, video yang sengaja diunggah itu berhasil memikat netizen. Kemudian mereka berbondong-bondong untuk membuktikan informasi yang beredar.

“Konsepnya memang untuk promosi menjelang libur Natal dan Tahun Baru, dan tidak menyangka bisa seviral ini,” ujar pria yang juga mengisi Divisi Pengembangan, Penelitian, dan Kreatif Mojoesmi Forest Park itu.

Baca Juga: 6 Dinosaurus dengan Bentuk Kepala yang Unik, Ada yang Berjambul

2. Sebagai alternatif wisata edukasi

Personel TNI terlibat dalam pembuatan video dinosaurus yang sempat viral. Dok. IDN Times/Istimewa

Honggo menambahkan, Triceratops merupakan 1 dari 18 replika dinosaurus yang ada di lokasi wisata itu. Belasan hewan purba sengaja dibuat dan ditempatkan di wahana Dino Park dengan luas lahan 2 hektare. Sejumlah binatang purba tida hanya dipajang, namun juga bermain layaknya film Jurassic Park.

Dalam setiap pertunjukkan juga menyampaikan pesan moral kepada pengunjung terutama anak-anak.

“Pada intinya Dino Park juga sebagai destinasi wisata edukasi. Selain tentang binatang purba, juga etika,” kata Honggo.

Baca Juga: Prokes Ketat, Pendakian Gunung Lawu Tetap Buka saat Libur Akhir Tahun

Berita Terkini Lainnya