Benda Diduga UFO Terekam di Pasuruan, Ini Kata BMKG

Apa ya kira-kira?

Pasuruan, IDN Times - Penampakan benda langit diduga UFO terekam di Pasuruan. Rekaman video itu diunggah oleh akun Twitter @kabarUFO dengan durasi 23 detik. Dalam unggahannya, akun tersebut menyebut pengambilan video pada pukul 12.00 WIB, Minggu (9/7/2023).

"Penampakan UFO di Bangil, Pasuruan, Jawa-Timur, 9 Juli 2023, pukul 12:00 WIB Direkam oleh Obiwara Saksi mata lain: istrinya Keterangan dari perekam video: "objek brbentuk pipih / lonjong, warna putih, terbang lurus dari timur ke barat & tidak ada suara"," tulis akun tersebut, dilihat Rabu (12/7/2023).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengaku belum mendapatkan data rinci terkait penampakan diduga UFO. Kebenarannya pun masih diragukan.

"Dari teman-teman BMKG pasuruan tidak ada informasi," ujar Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya, Sutarno.

Terkait dugaan fenomena alam, Sutarno menyatakan tidak ada. Menurutnya pada waktu itu tidak ada fenomena alam di sekitar Pasuruan. Bahkan, ketika itu disampaikan kalau kondisinya cerah.

"Keadaan langit cukup cerah, didominasi oleh awan tinggi cirus stratus," kata dia.

Maka dari itu, prakirawan BMKG menduga kalau benda yang terekam merupakan drone yang sedang dioperasikan oleh seseorang. "Kalau dari pandangan saya pribadi, UFO tersebut merupakan sebuah drone atau pesawat terbang komersial yang melintas," ucapnya.

"Perlu juga dicek dengan jalur lintasan pesawat udara pada jam kejadian, suara objek tidak terdengar karena dari rekaman yang beredar, perekam objek berada dalam ruangan yang terdistorsi oleh noise di dalam ruangan itu sendiri," pungkas dia.

Baca Juga: Naik Kereta Commuter di Jatim Akan Pakai Kartu, Segera Terintegrasi

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya