Lagi, Diduga UFO Terekam di Jember Tadi Pagi

BMKG gak punya tupoksi komentari UFO

Jember, IDN Times - Fenomena penampakan benda langit diduga UFO terekam di Jember pada Rabu (12/7/2023) pagi. Setelah sebelumnya tiga hari lalu tepatnya siang hari terekam diduga UFO di Pasuruan.

Rekaman benda diduga UFO itu diunggah akun Twitter @kabarUFO. Dalam unggahannya, akun ini menyebut kalau penampakan itu terjadi di atas wilayah Jalan Bromo, Ponjen, Kencong, Jember pada pukul 04.55 WIB.

"Video direkam oleh Gilang. Saksi mata lain ibunya Gilang. Direkam via ponsel Samsung A33," tulis @kabarUFO.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Juanda, Taufiq Hermawan tidak ingin mengomentari maraknya video tentang UFO. Dia menegaskan penjelasan fenomena UFO bukan ranah BMKG.

"UFO bukan tupoksi BMKG ya," tegas dia dikonfirmasi IDN Times.

Taufiq hanya menjelaskan kalau di kawasan Jember serta beberapa daerah di Jatim sedang mengalami tiga gangguan atmosfer. Berupa gangguan atmosfer MJO (Madden Julian Oscilation), gelombang atmosfer Ekuatorial Kelvin dan gelombang atmosfer Ekuatorial Rossby.

"Hal ini mengakibatkan potensi peningkatan pertumbuhan awan Cumulonimbus yang dapat memicu terjadinya cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai petir dan angin kencang sesaat," kata Taufiq.

Beberapa wilayah di Jatim, kata Taufiq, perlu diwaspadai memiliki potensi cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi. Yakni hujan lebat, tanah longsor, puting beliung, hujan es dan genangan air pada periode 7 – 13 Juli 2023.

Adapun daerah yang dimaksud ialah Kota Blitar, Blitar, Malang, Kota Malang, Kota Batu, Lumajang, Tulungagung, Banyuwangi, Jember, Kediri, Pasuruan, Probolinggo, Trenggalek, Jombang, Nganjuk dan Ponorogo.

Dikonfirmasi terpisah, Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Juanda, Teguh Tri Susanto juga enggan berkomentar mengenai UFO. "Nggak ada komentar," jawabnya singkat.

Baca Juga: Benda Diduga UFO Terekam di Pasuruan, Ini Kata BMKG

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya