TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemkab Madiun Targetkan Peningkatan Ekonomi Melalui 'Kampung Pesilat' 

Daerah aman, yakini investor akan berdatangan

IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Madiun, IDN Times - Pemkab Madiun menggelar pawai pesilat di wilayah Caruban, Minggu sore (28/10). Ribuan anggota dari 14 perguruan silat mengikuti kegiatan yang digelar kali kedua sejak setahun lalu.

Pawai itu merupakan bagian upaya menggeliatkan 'Kampung Pesilat Indonesia' yang dijadikan sebagai ikon baru di Kabupaten Madiun. Salah satu tujuannya menghapus stigma tentang kerusuhan antarpesilat yang sering terjadi beberapa tahun lalu. Terutama saat bulan Muharam.

1. Dulunya dikenal sebagai daerah rawan ricuh antarpesilat

IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Menurut Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro alasan pemilihan 'Kampung Pesilat' sebagai ikon baru karena sejumlah padepokan pusat perguruan silat ada di daerah tersebut. Dengan demikian, Madiun menjadi sentra kegiatan dari beberapa tradisi masing - masing organisasi pencak silat.

Potensi ricuh sangat tinggi di masa lalu lantaran kegiatan yahg digelar perguruan silat melibatkan banyak massa. Namun, sejak beberapa tahun terakhir kerawanan tersebut semakin berkurang.

 "Mudah-mudahan lewat 'Kampung Pesilat' akan membawa kebaikan bagi Kabupaten Madiun," ujar Kaji Mbing-sapaan akrab Ahmad Dawami Ragil Saputro.

Baca Juga: Peceland, Ikon Baru yang Sedang Digodok Pemkot Madiun

2. Kini diklaim lebih aman dan rukun

IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Kebaikan yang dimaksud, di antaranya tentang semakin amannya daerah. Warga yang tinggal di Kabupaten Madiun juga semakin rukun dan bergotong royong layaknya kehidupan masa lalu di kampung.

"Kalau daerah aman dan masyarakatnya rukun, potensi peningkatan ekonomi semakin terbuka," tambahnya.

Baca Juga: Hari Santri, Forkompinda Kabupaten Madiun dan Pesilat Salat Istisqa

Berita Terkini Lainnya