Comscore Tracker

Hari Santri, Forkompinda Kabupaten Madiun dan Pesilat Salat Istisqa

Harapkan hujan segera turun

Madiun, IDN Times - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupetan Madiun bersama para santri, dan pesilat melakukan salat Istisqa di Alun-Alun Reksogati, Caruban, Selasa (22/10). Ibadah sunah untuk meminta hujan ini berlangsung setelah Apel Akbar Hari Santri Nasional (HSN) di lokasi tersebut.

Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro mengatakan melalui jamaah salat Istisqa diharapkan hujan segera turun. Sebab, kekeringan sudah melanda sebagai dampak musim kemarau panjang. "Sampai hari ini hujan belum turun, maka kami berdoa bersama supaya Kabupaten Madiun tidak semakin krisis air," kata dia.

1. Berdampak pada pemenuhan irigasi ratusan hektare sawah

Hari Santri, Forkompinda Kabupaten Madiun dan Pesilat Salat IstisqaIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Musim kemarau yang hingga kini berlangsung mengakibatkan lahan pertanian seluas 220 hektare kekeringan. Kondisinya tidak dapat ditanami tanaman pangan. Selain itu, sejumlah wilayah mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Maka, salat Istisqa dan doa bersana yang digelar merupakan wujud dari kepasrahan umat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Dengan demikian, diharapkan dapat menjalani musim kemarau panjang dengan penuh keikhlasan. "Kami berdoa agar Allah SWT memberikan solusi dari setiap ujian," ujar Kaji Mbing sapaan akrab Ahmad Dawami Ragil Saputro.

2. Semakin banyak yang berdoa diharapkan hajat segera terkabul

Hari Santri, Forkompinda Kabupaten Madiun dan Pesilat Salat IstisqaIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Disinggung tentang pelaksanaan salat Istisqa yang dibarengkan saat peringatan HSN, bupati menuturkan hanya sekadar monumental semata. Alasannya, saat itu ribuan santri berkumpul di alun - alun untuk melaksanakan apel bersama.

Dengan banyaknya santri yang ikut berdoa diharapkan agar hajat warga terkait turunnya hujan dapat dikabulkan oleh Tuhan. "Petani dan warga lain sangat membutuhkan air saat seperti sekarang ini," ujar Kaji Mbing.

Baca Juga: Berharap Ada Keajaiban, Giliran Satgas Karhutla Gelar Salat Istisqa 

3. Santri punya andil besar dalam perjuangan bangsa

Hari Santri, Forkompinda Kabupaten Madiun dan Pesilat Salat IstisqaIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sementara itu, apel bersama HSN diikuti ribuan santri dari wilayah 15 kecamatan di Kabupaten Madiun. Sebelumnya, setiap rombongan mengikuti pawai mengelilingi alun-alun. Sebagian di antaranya mengangkat tema Dongkrek, kesenian asli Mejayan dan pencak silat. 

Menurut Kaji Mbing, melalui peringatan HSN diharapkan meningkatkan sumber daya manusia para santri. Sebab, mereka mempunyai andil besar dalam setiap sejarah bangsa yang sebelumnya dinilai kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah. 

Baca Juga: Tak Kunjung Hujan, Khofifah Ajak Salat Istisqa pada Hari Santri

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You