3 Jamaah Haji Asal Malang Meninggal di Arab Saudi, Ini Penyebabnya

Cuaca di Arab Saudi sangat panas membuat tubuh mudah tumbang

Malang, IDN Times - Sebanyak 3 orang jamaah haji asal Kota Malang meninggal di Arab Saudi saat tengah menjalani ibadah rukun Islam kelima ini. Kemenag Kota Malang mengungkapkan jika ketiganya adalah Sudirman Sukirno Tudikromo (63), Kartini Djirin Anwari (68), dan Musa Abdur Rochim bin Faizun Ngaderi (88).

Ketiganya meninggal setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit di Arab Saudi. Kemenag Kota Malang mengungkapkan ada beberapa faktor yang menyebabkan ketiganya meninggal saat melaksanakan ibadah.

1. Kemenag Kota Malang menyebut kalau kondisi kesehatan ketiganya tiba-tiba drop saat di Arab Saudi

3 Jamaah Haji Asal Malang Meninggal di Arab Saudi, Ini PenyebabnyaIlustrasi suasana di pelataran Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi jamaah di tengah musim haji. (IDN Times/Umi Kalsum)Haram, Makkah. (IDN Times/Umi Kalsum)

Humas Kemenag Kota Malang, Mohammad Nur Hidayah mengatakan jika faktor usia jadi penyebab utama. Saat tiba di Arab Saudi, kondisi kesehatan ketiganya mulai menurun. Sehingga harus dilarikan ke rumah sakit.

"Ada juga yang memiliki penyakit bawaan, seperti ada yang memiliki riwayat penyakit jantung. Tapi rata-rata memang karena faktor usia," terangnya saat dikonfirmasi pada Jumat (14/07/2023).

Selain itu, faktor cuaca yang panas membuat kesehatan jamaah haji juga menurun. Contohnya saat tiba di Armina, cuaca di sana sangat panas membuat tubuh cepat mengalami dehidrasi. Ditambah kegiatan yang cukup padat di sana membuat energi yang dibutuhkan cukup ekstra.

"Setelah tiba di Armina para jamaah mengalami kondisi seperti itu (sakit). Soalnya saat puncak haji, cuaca di sana itu luar biasa (panas)," bebernya.

Baca Juga: Jemaah Haji Ada Masalah di Saudi? Lapor ke Kanal Jemaah Lapor Gusmen

2. Kemenag Kota Malang mengatakan jika ketiga jamaah yang meninggal ada di kloter 70 dan 71

3 Jamaah Haji Asal Malang Meninggal di Arab Saudi, Ini PenyebabnyaSuasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji. (IDN Times/Umi Kalsum)

Nur Hidayah mengatakan jiga jika ketiga jamaah haji yang meninggal di Arab Saudi ada di kloter 70 dan 71. Mereka sama-sama meninggal di Kota Mekkah. "Jadi yang meninggal di kloter 71 ada 1 orang, dan 2 orang yang meninggal dari kloter 70," ungkapnya.

Ia mengungkapkan jika pada kloter 71 adalah Abdur Rochim bin Faizun Ngaderi pada usia 88. Kemudian pada kloter 70 adalah Sudirman yabg meninggal di Masjidil Haram pada 6 Juli 2023 di usia 63 tahun dan sementara Kartini meninggal di RS King Faisal pada 8 Juli 2023 di usia 68.

3. Kemenag Kota Malang mengatakan jika puncak ibadah haji sudah selesai

3 Jamaah Haji Asal Malang Meninggal di Arab Saudi, Ini PenyebabnyaIlustrasi jemaah haji di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi. (IDN Times/Umi Kalsum)

Nur Hidayah juga mengungkapkan jika puncak ibadah haji terjadi pada 8-13 Dzulhijjah. Saat ini para jamaah haji tengah melakukan ibadah yang sifatnya sunnah di Mekkah.

"Kalau di Indonesia, 8-13 Dzulhijjah saat Idul Adha sudah dilewati. Kalau sekarang tinggal yang sunnah-sunnah saja," ujarnya.

Kepulauan para jamaah haji di Indonesia rencananya akan dilaksanakan pada 29 Juli 2023. Kepulangan ini juga akam sesuai kloter yang sudah yang sudah diikuti setiap jamaah haji.

"Kita tanggal 20 akan segera bergeser ke Madinah. Lalu pulang sekitar tanggal 29 nanti, jadi tiba di tanah air sekitar tanggal 30 (Juli 2023)," pungkasnya.

Baca Juga: 1 Jemaah Haji Jatim Hilang, Dicari di hingga ke Rumah Sakit Tak Ketemu

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya