TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Raih 570.597 Suara, Prabowo-Sandiaga Uno Menang Telak di Sampang 

Jokowi hanya menang di satu kecamatan

Istimewa

Sampang, IDN Times - Rekapitulasi surat suara Pilpres di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, telah rampung. Pasangan Capres-cawapres 02 Prabowo-Sandi dipastikan meraih suara terbanyak, jauh melampaui perolehan suara capres-cawapres 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Baca Juga: Usai Sidang, Ahmad Dhani Teriakkan "Prabowo Menang"

1. Dari 14 kecamatan, Prabowo unggul di 13 Kecamatan

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Data rekapitulasi KPU menyebutkan Prabowo-Sandi unggul di 13 dari jumlah total 14 kecamatan. Pasangan itu meraup 570.597 suara, sedangkan, Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh 187.189 suara. Jokowi hanya unggul di Kecamatan Sreseh dengan selisih 13.757 suara dari pesaingnya.

Ketua KPU Sampang, Syamsul Muarif, mengatakan tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu serentak 2019 di Sampang mencapai 96 persen, lebih tinggi dibanding pemilu 2014 sebanyak 90 persen.

"Dari 820.941 pemilih, yang menggunakan hak pilihnya mencapai 787.275 orang," kata Syamsul, Sabtu (4/5).

2. Partisipasi pemilih lebih tinggi dibanding 2014

IDN Times/musthofa Aldo

Meski pemilu di Sampang banyak peristiwa terjadi, mulai dari kasus penembakan hingga temuan panitia mencoblos surat suara sendiri yang berujung pemungutan suara ulang, Syamsul mengklaim pelaksanaan pemilu berjalan sukses.

Tingginya partisipasi pemilih, kata Syamsul, adalah tanda masyarakat Sampang semakin peka terhadap perkembangan politik dan pemerintahan. "Memang ada beberapa insiden, tapi semua bisa diatasi," ujar dia.

Baca Juga: Beda Dana Kampanye TKN Jokowi-Ma’ruf dengan BPN Prabowo-Sandiaga

Berita Terkini Lainnya