TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Yo, Opo Kabare Cak Kartolo?

Sehat terus Cak, tetap menghibur!

Salah satu pelawak lokal Jawa Timur, Cak Kartolo. (Instagram/@cakkartolochannel)

Surabaya, IDN Times - Warga Jawa Timur tentu tak asing dengan Kartolo. Pentolan grup lawak Kartolo Cs ini namanya sempat meredup. Tapi, sekarang mencuat lagi setelah mendapat peran di beberapa judul film tanah air seperti Guru Bangsa: Tjokroaminoto dan Yowis Ben Series.

Baca Juga: Kebangetan! Kabel Lampu Hias di Surabaya Dicuri

1. Perjalanan Kartolo di dunia ludruk

Cak Kartolo saat main ludruk bareng Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kala itu. dok. Pemkot Surabaya.

Cak Kartolo, begitu dia akrab disapa. Ia merupakan seorang pelawak sekaligus pemain kesenian ludruk yang cukup terkenal di Jawa Timur. Ia memulai karir sebagai pemain ludruk pada 1940-an dan kerap tampil di sejumlah gelaran ludruk yang ditanggap oleh pemerintah maupun pihak lain.

Lawakan bahasa jawa Kartolo yang khas membuat banyak masyarakat Jawa Timur senang dengan dirinya. Bahkan, di beberapa pertunjukan, Kartolo juga sering membawakan kidungan.

Meski kiprahnya di dunia lawak dan ludruk cukup terkenal, tak banyak anak muda sekarang yang kenal dengan dirinya. Hal tersebut, karena saat ini ada nama-nama pelawak lain yang lebih terkenal dari pada dirinya.

"Jaman dulu tidak ada saingan, waktu jaman-jaman ludruk dulu. Tapi sekarang banyak, jadi kadang-kadang anak-anak muda gak ngerti dan gak kenal," ujar Kartolo kepada IDN Times, Jumat (27/5/2022).

2. Kartolo sepi job saat pandemik

Cak Kartolo saat disambangi di rumahnya oleh Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji. dok. Pemkot Surabaya.

Kartolo mengaku, selama dua tahun pandemik ia sempat sepi job. Tak banyak orang yang mengundang dirinya untuk tampil di panggung, maupun acara tv lokal.

"Saya grub lawak sama 4 orang, kadang main wayang orang, kadang ludruk dan campursari. Ada tanggapan (undangan) di luar tapi gak sebanyak dulu sebelum pandemik," ungkapnya.

Baca Juga: Ngakak, hingga Haru, Keseruan Nonton Film Srimulat di Surabaya

Berita Terkini Lainnya