Pemprov Bantu 1080 Warga Terdampak Banjir Lahar Dingin Semeru

Apa ya?

Lumajang, IDN Times - Sebanyak 1.038 warga mengungsi di 18 titik pengungsian setelah terdampak banjir lahar dingin dan tanah longsor di Lumajang. Pemeritah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) memastikan para pengungsi dapat bantuan.

Nah, bantuan itu berupa paket sembako serta layanan trauma healing di Pos Layanan Dukungan Psikososial (LDP) yang didirikan Dinas Sosial Jatim. LDP dikelola oleh tim gabungan dari Tagana dan Peksos yang tergabung dalam Jatim Sosial Care Dinsos. LDP ini tidak hanya melayani anak-anak tetapi juga para korban rentan seperti lansia dan ibu hamil dan menyusui.

Juga terdapat dapur umum yang didirikan Dinsos Jatim. Petugas yang ada di dapur umum memastikan stok makanan mencukupi. Dalam sehari disiapkan sebanyak 3000 bungkus makanan untuk 3 kali makan para pengungsi.

Tak lupa, Pemprov Jatim juga menyampaikan duka cita mendalam atas korban meninggal dunia akibat longsor di Lumajang. Para korban tersebut merupakan satu keluarga atas nama Galih Adi Perkasa (23), Candra Agustina (20), dan Galang Naendra Putra (4 bulan).

Kepada ahli waris, Gubernur Jatim. Khofifah Indar Parawansa memberikan secara langsung santunan total sebesar Rp30 juta. "Semoga almarhum dan almarhumah mendapat tempat terbaik di sisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, kekuatan serta kesabaran," ungkapnya.

Khofifah mengingatkan agar masyarakat tidak perlu kuatir dan panik karena semua kebutuhan para pengungsi telah disiapkan. "Saya himbau agar tenang dan tidak panik, namun tetap meningkatkan kewaspadaan. Saat ini utamakan keselamatan, dan ikuti instruksi dari pihak petugas agar aman dan selamat," pungkasnya.

Baca Juga: Lahar Dingin Semeru Hancurkan 4 Jembatan di Lumajang

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya