Feeder WiraWiri Suroboyo Tambah Dua Rute Baru, Terhubung dengan Kereta

Bakal lewat stasiun Gubeng dan Pasar Turi

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya menambah dua rute baru transportssi pengumpan atau feeder WiraWiri Suroboyo. Salah satu rute baru ini, menghubungkan feeder WiraWiri dengan alat transportasi Kereta Api (KA). 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Tundjung Iswandaru mengatakan, dua rute baru itu pertama adalah Joyobo-Lakarsantri. Rute kedua adalah Bratang-Pasar Turi, rute inilah yang terhubung dengan transportasi KA.

"(Rute Bratang-Pasar Turi) lewat ke arah utara terus nanti lewat Pemkot (Jalan Jimerto) nanti Genteng Kali, Praban Bubut, depan Pasar Turi tapi gak masuk Stasiun," ujar Tundjung. 

Tundjung menjelaskan, penambahan rute Bratang- Pasar Turi ini adalah untuk kebutuhan konektivitas transportasi feeder dengan KA. Sebab selain tujuan Pasar Turi, rute ini akan melewati Stasiun Gubeng. 

"Jadi di depan Stasiun Gubeng, menghubungkan juga Pasar Turi, jadi intermodality dapat di situ," terangnya. 

Dengan penambahan dua rute baru ini, feeder WiraWiri Suroboyo telah memiliki 7 rute. Dengan total 52 armada. "(Mengurangi armada di rute lain) enggak kemarin kan kita gak keluarkan semua, kita keep (simpan) untuk tambahan di sini (dua rute baru). Total 52 armada semua sudah beroperasi," jelas dia. 

Selain itu, pastinya dua rute barunya ini juga akan terhubung dengan bus Trans Semanggi. "Headway (waktu tunggu) sama, kurang lebih 12 menit," pungkas dia.

Baca Juga: Akan Ada 240 Feeder di Surabaya hingga 2028 Nanti

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya