TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Diduga Keracunan Gas Amonia, Warga Tuban Alami Pusing dan Mual

Ikan yang berada di Sungai Bektiharjo juga ikut mati

Warga mengambil ikan yang mati di Sungai Bektiharjo Tuban. IDN Times/Istimewa

Tuban, IDN Times - Warga Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban mengalami pusing dan mual. Diduga kuat mereka mengalami keracunan usai menghirup udara bercampur gas amonia yang keluar dari dalam pabrik es batu yang bocor.

"Awalnya warga melihat ada kepulan asap putih setelah mereka menghirup udara tersebut kok merasa pusing," kata Untung salah satu warga setempat kepada IDN Times, Minggu (18/7/2021).

Baca Juga: Sehari, Dua Perawat di Lamongan Meninggal Terpapar COVID-19

1. Warga mengira asap yang keluar dari pabrik adalah asap dari pembakaran sampah

Lokasi pabrik es batu didatangi warga dan juga petugas. IDN Times/Istimewa

Untung menjelaskan, awalnya warga mengira bahwa asap putih tersebut adalah asap yang dihasilkan dari pembakaran sampah plastik. Warga baru mengetahui bahwa asap tersebut adalah gas amonia ketika banyak petugas dan warga yang datang ke lokasi Sungai Bektiharjo lokasi awal gas amonia itu muncul.

"Lokasi pabrik es batu sangat berdekatan dengan pemukiman padat penduduk dan jelas tercium sekali bau asapnya," jelas Untung.

2. Ikan yang berada di Sungai Bektiharjo juga ikut mati

Banyak ikan yang mati karena terkontaminasi limbah pabrik es batu. Dok Istimewa

Selain mengakibatkan warga keracunan, gas amonia yang bocor tersebut juga menyebabkan sejumlah ikan di aliran Sungai Bektiharjo juga mati mendadak. Warga yang melihat fenomena ikan mati tersebut kemudian berusaha mengambil dan mengolahnya menjadi lauk pauk.

"Ikannya banyakIkan yang berada di Sungai Bektiharjo juga ikut mati yang mati dan warga disini tidak takut mengkonsumsi ikan yang mati di Sungai Bektiharjo untuk dijadikan lauk pauk," kaitannya.

Baca Juga: Air Sungai di Bojonegoro Menghitam, Warga Ketakutan

Berita Terkini Lainnya