TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kota Malang Optimistis Pertahankan Gelar Swati Saba Wisatara 

Predikat itu tertinggi di bidang kesehatan

IDN Times/Pemkot Malang

Malang, IDN Times - Pemerintah Kota Malang optimistis mempertahankan predikat ‘Swati Saba Wisatara’. Predikat tersebut merupakan yang tertinggi di bidang kesehatan pada 2019. Hal itu disampaikan Wali Kota Malang, Sutiaji, seusai menerima Tim Penilai Kota Sehat Tingkat Nasional di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Senin (9/9).

1. Kota Malang sudah hampir memenuhi semua indikator untuk meraih predikat sebagai Kota Sehat

IDN Times/Pemkot Malang

Wali Kota Malang mengatakan, indikator dalam meraih predikat sebagai Kota Sehat cukup banyak dan lintas sektoral. Ia mencontohkan, beberapa indikator yang dinilai oleh tim ialah terkait dengan polusi udara, penyakit tidak menular, sampah, hingga komitmen pemerintah dalam bidang kesehatan dan menciptakan kawasan yang sehat.

“Kalau indikator menuju Kota Sehat sangat banyak sekali. Kita sudah hampir penuhi semua indikator tersebut,” kata Sutiaji.

2. Program Kotaku terus digencarkan Pemerintah Kota Malang

IDN Times/Pemkot Malang

Sutiaji juga menjelaskan, salah satu penilaian untuk menuju Kota Sehat ialah program sanitasi khususnya Open Defection Free (ODF) atau bebas dari buang air besar tidak di jamban. Terkait dengan hal tersebut, komitmen pemerintah sudah ditunjukkan dengan adanya program pengentasan hal itu yang tertuang dalam APBD Kota Malang.

“Termasuk program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) juga terus kita gencarkan,” ungkapnya.

Berita Terkini Lainnya