TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemkab Tulungagung Imbau Warga Periksakan Diri Usai Bepergian

Screening ketat jumlah ODP meningkat

Kantor Bupati Tulungagung, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Tulungagung, IDN Times - Pemkab Tulungagung mengimbau kepada seluruh warga untuk ikut berperan aktif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan virus corona COVID-19. Mereka diminta untuk melaporkan jika terdapat seseorang yang baru pulang dari bepergian ke luar kota, terutama yang termasuk wilayah zona merah seperti Malang dan Surabaya. Para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru pulang juga diharuskan melapor.

1. Tim medis siap datang ke rumah

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, IDN Times / istimewa

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo menuturkan hal ini diperlukan untuk mengetahui sebaran Orang Dalam Pemantauan (ODP). Mereka yang baru pulang bepergian diharapkan memeriksakan diri ke fasilitas layanan yang ada. Jika enggan keluar rumah, mereka bisa menghubungi call center dan tim medis terdekat akan melakukan pemeriksaan. "Sudah ada dua puskesmas yang siap melakukan pemeriksaan terhadap mereka yang baru pulang bepergian," ujarnya, Kamis (26/03)

Baca Juga: Pulang Kunker, Anggota DPRD Tulungagung Jalani Tes Kesehatan

2. Pemerintah Desa diminta berperan aktif

Sumber: Dokter dan epidemiolog Dicky Budiman (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain itu, seluruh pemerintah desa juga diminta untuk aktif mendata, jika terpadat warganya yang baru pulang bepergian. Mereka diharapkan bisa memberi pengertian terhadap warga, terkait kebijakan ini.

Adanya imbauan untuk mengumpulkan orang, menggelar resepsi pernikahan hingga pemeriksaan terhadap warga yang baru pulang bepergian harus bisa mereka jelaskan. "Ini penting kita lakukan dalam rangka upaya pencegahan virus corona COVID-19," imbuhnya.

Baca Juga: IAIN Tulungagung Tawarkan Bangunan untuk Menjadi Rumah Sakit Darurat

Berita Terkini Lainnya