TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Unjuk Kebolehan, Ratusan Pelajar Memainkan Seni Bernuansa Islami

13 mahasiswa asing dari 12 negara ikut memeriahkan

IDN Times/Beautiful Banyuwangi

Banyuwangi, IDN Times – Kabupaten Banyuwangi kembali menggelar Festival Hadrah Pelajar Nasional pada Ramadan tahun ini. Ratusan pelajar dari 20 kota di berbagai penjuru nusantara unjuk kebolehan memainkan seni bernuansa Islami ini. Acara semakin menarik dengan penampilan belasan mahasiswa manca negara yang turut memeriahkan.

Festival ini diikuti 89 grup pelajar dari 20 daerah di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB) yang meramaikan event ini. Di antaranya, Madrasah Aliyah (MA) Nur Anjani Lombok, MA Annida Al- Islamy Jakarta Barat.

Festival hadrah ini dibuka pada Jumat (17/5/2019) dengan tarian kuntulan rodat ya jamaliha dengan iringan musik rebana nan rancak yang dilanjutkan dengan pemukulan rebana secara serentak oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersama Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko dan Forpimda. 

1. Kesenian hadrah tumbuh di Banyuwangi seiring semakin banyaknya jumlah santri di kota itu

IDN Times/Beautiful Banyuwangi

Festival ini adalah panggung bagi anak-anak pecinta kesenian Islami untuk mengekspresikan karyanya.

"Festival ini akan menjadi media untuk merajut silaturahmi dan konsolidasi antar pelajar dan santri dari seluruh nusantara. Sekaligus, lewat festival hadrah dan sholawat ini kami ingin mengirim pesan tentang budaya Islam di Indonesia yang santun, toleran, dan inklusif, dan yang tentunya cinta damai," kata Anas. 

2. Mengenalkan berbagai bacaan sholawat yang biasa ditemui di pesisir Jawa, Bali dan daerah lain

IDN Times/Beautiful Banyuwangi

"Nah varian-varian sholawat itu akan ditampilkan oleh peserta lomba di sini, sehingga akan memperkaya pengetahuan para pelajar dan santri," imbuh Anas.

Festival hadrah yang digelar di Taman Blambangan ini, akan berlangsung selama dua hari, Jumat - Sabtu  (17 -18 Mei). 

Berita Terkini Lainnya