TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

SMA/SMK di Jatim akan Dibuka Secara Terbatas Usai PPKM Darurat

...

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau uji coba PTM di SMAN 2 Nganjuk. Instagram.com/khofifah.ip

Surabaya, IDN Times - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Timur (Jatim) berniat membuka sekolah jenjang SMA/SMK/SLB secara terbatas apabila Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dicabut oleh pemerintah. Rumusan teknis telah digodok untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Baca Juga: IDI Jatim: Kalau Mau Lihat Data Kematian Sebenarnya, Lihat Kuburan

1. PJJ disebut tidak efektif maka perlu PTM

Ilustrasi pembelajaran tatap muka (dokumen)

Kepala Disdik Jatim, Wahid Wahyudi menilai Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring tidak bisa berjalan secara efektif. Sejumlah faktor yang mempengaruhi yaitu sarana prasarana hingga daya tangkap siswa tidak optimal mengikuti PJJ.

"Bahkan ada hal khusus yang harus tatap muka (PTM), misalnya SMK itu kan memberikan pembelajaran kompetensi keahlian, keterampilan. Ini kan tidak bisa tidak tatap muka," ujarnya, Minggu (25/7/2021).

2. Rencana PTM sudah dirumuskan gubernur

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau uji coba PTM di SMAN 2 Nganjuk. Instagram.com/khofifah.ip

Wahid menyebut kalau sebelum penerapan PPKM Darurat, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa sudah merumuskan kebijakan rencana PTM terbatas. Pertama, bahwa PTM dilaksanakan setiap hari empat jam pelajaran, masing-masing pelajaran 30 menit tanpa istirahat.

"Jadi hanya dua jam, kalau masuk jam 07.00 WIB, jam 09.00 WIB sudah bisa meninggalkan sekolah (pulang). Diharapkan sebelum Salat Duhur, semuanya sudah sampai di rumah agar tidak terjadi kerumunan di musala sekolah masing-masing," katanya.

Baca Juga: PPKM Darurat, Pemkot Malang Tunda Rencana Sekolah Tatap Muka

Berita Terkini Lainnya