TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Elektabilitas PKB, PDIP, dan Gerindra Bersaing, Golkar Mengancam

Berpeluang tembus 3 besar di Jatim

Ilustrasi bendera partai politik (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Surabaya, IDN Times - Elektabilitas tiga partai politik (parpol) di Jawa Timur (Jatim) memang belum ada perubahan signifikan. Masih didominasi PKB, PDIP dan Gerindra. Namun, dalam hasil survei yang dirilis Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), ada satu parpol yang berpotensi masuk tiga besar.

Baca Juga: Prabowo Ketemu Puan, Cak Imin: PKB-Gerindra Masih Solid

1. Elektabilitas Golkar dekati Gerindra

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Direktur ARCI, Baihaki Siraijt mengatakan, tren partai menengah di Jatim mulai mendekati jajaran tiga besar. Salah satunya Partai Golkar yang saat ini berada di peringkat keempat dengan elektabilitas 10,2 persen. Diketahui, tiga parpol dengan elektabilitas tertinggi, PKB 16,8 persen, PDIP 16,1 persen dan Gerindra 15,4 persen.

"Golkar ini mengejutkan, trennya terus naik. Sejak 2020, yang awalnya hanya sekitar 7 persen, kini sudah menembus dua digit," ujar Baihaki.

2. Bisa masuk 3 besar jika kuasai Tapal Kuda

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Terkait potensi partai berlambang pohon beringin ini masuk ke jajaran tiga besar, Baihaki menyebut dalam surveinya ada margin of error 2,8 persen. Nah hal inilah yang harus dimanfaatkan oleh kader Golkar terutama Ketua Golkar Jatim, M Sarmuji.

"Catatannya harus benar-benar kerja keras di daerah Tapal Kuda. Tapi memang kita lihat dua tahun ini Golkar sangat aktif berkegiatan, hingga ke level milenial. Ini nilai plus mereka, kuat dan solid di pengurus dan mau kerja keras ke bawah," kata Baihaki.

Baca Juga: Disokong Milenial, Demokrat Kejar Golkar di Jatim

Berita Terkini Lainnya