Comscore Tracker

Hari Valentine, Penjualan Bunga di Kota Malang Justru Menurun 

Lebih rendah dari tahun lalu

Malang, IDN Times - Perayaan Valentine memang identik dengan sejumlah barang. Selain cokelat, sebagian orang merepresentasikan kasih sayang dengan menggunakan bunga mawar. Tak ayal permintaan bunga mawar kerap meningkat saat memasuki perayaan Valentine.

Namun demikian, itu hanyalah cerita masa lalu. Tahun ini penjualan bunga mawar pada saat hari perayaan Valentine justru menurun. Hal itu dialami oleh beberapa toko bunga di Kota Malang, salah satunya adalah Pion Florist. 

1. Hanya mampu jual kurang dari separuh dibanding tahun lalu

Hari Valentine, Penjualan Bunga di Kota Malang Justru Menurun Bunga-bunga yang dijual oleh Pion Florist. IDN Times/ Alfi Ramadana

Menurut sang pemilik, tahun ini penjualan bunga mawar menurun jika dibanding tahun lalu. Pada tahun sebelumnya penjualan bunga mawar saat Valentine mencapai 3.000 bunga. Namun, kali ini tokonya hanya mampu menjual kurang dari separuhnha yakni hanya 1000 bunga saja. 

"Tahun ini memang agak menurun. Tidak tahu penyebabnya apa," ujar Bibit, pemilik Pion Florist, Jumat (14/2).

2. Bukan karena imbauan larangan perayaan Valentine

Hari Valentine, Penjualan Bunga di Kota Malang Justru Menurun Penjualan bunga saat Valentine menurun. IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, Bibit mengakui bahwa tak mengetahui penyebab penurunan penjualan bunga. Menurutnya, hal itu tak ada hubungannya dengan himbauan untuk tak merayakan Valentine. Ia menyebut memang tahun ini banyak yang tidak merayakan Valentine. Bahkan ada satu sekolah yang sudah memesan bunga kepada dirinya dan pada akhirnya dibatalkan. 

"Ada satu sekolah yang sudah pesan bunga, sudah kasih uang muka juga. Tapi tiba-tiba membatalkan pesanan," tambahnya. 

Baca Juga: MUI Jatim Tegas Haramkan Perayaan Valentine

3. Momen hari guru dan hari ibu lebih ramai

Hari Valentine, Penjualan Bunga di Kota Malang Justru Menurun Selain Valentine, momen hari ibu juga dongkrak penjualan bunga. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, selain Valentine, ada beberapa momen yang menurut Bibit mendongkrak penjualan bunga di tokonya. Momen tersebut adalah hari guru dan hari ibu. Pada dua momen tersebut biasanya permintaan bunga akan meningkat dan bahkan membuat ia kewalahan saat melayani pembeli.

"Kalau untuk dua momen itu pasti mengalami peningkatan," tambahnya. 

4. Penjualan normal tetap berjalan

Hari Valentine, Penjualan Bunga di Kota Malang Justru Menurun Pion Florist mengakui penjualan bunga masih normal tiap bulan. IDN Times/ Alfi Ramadana

Di sisi lain, meskipun mengalami penurunan saat momen Valentine, penjualan bunga di Pion Florist tetap normal. Bahkan tiap pekan toko tersebut tetap mampu menjual cukup banyak bunga. Tidak hanya melayani pembeli yang datang langsung ke toko, ia juga melayani pesanan. 

"Sepekan biasanya kami mengambil 600 bunga dari Batu dan Pasuruan," tandasnya. 

Baca Juga: 10 Potret Imajinasi Jomblo Kalau Ikut Valentine, Bikin Ngakak

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya