TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Berlibur ke Banyuwangi, Susi Ajak Cucu Snorkeling hingga Bersih Sampah

Susi akan kembali ke Bangsring dengan misi berbeda

IDN Times/Dok. Bangsring Underwater

Banyuwangi, IDN Times - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti memanfaatkan waktu liburannya bersama Cucu di Pantai Konservasi Bangsring Underwater, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Rabu (3/4).

Momen hari libur hari ini, bertepatan dengan peringatan Isra Miraj, Nabi Muhammad SAW. Susi menyampaikan, sengaja memanfaatkan waktu liburannya bersama keluarga di pantai, karena dinilai bagus buat kesehatan.

1. Sudah sebulan flu, obatnya ke laut

Instagram.com/Susipudjiastuti115

Susi sendiri sudah sampai di Bangsring Underwater sejak kemarin, Selasa (2/4) untuk melihat dan membuka acara Festival Bangsring Underwater.

"Saya akan snorkeling lihat bawah lautnya seperti apa. Saya lihat kalender libur nya tanggal tiga. Sekalian saya sudah lama sebulan, sakit kena pilek, obatnya ya laut sama mata hari," kata Susi usai membuka Festival Bangsring Underwater.

Baca Juga: Menteri Susi Beri Makan Ikan hingga Main Perahu Dayung di Banyuwangi

2. Laut menyehatkan, ajak anak-anak bermain wisata di laut

Instagram.com/Susipudjiastuti115

 

Susi sendiri mengaku selalu membawa alat paddleboarding untuk menyusuri lautan dengan dayung. Hari ini Susi juga mengajak cucunya, Armand untuk bermain paddleboarding bersama.

Lebih lanjut, Susi juga menyarankan kepada Ibu-ibu PKK Banyuwangi untuk mengajak anak maupun cucunya berlibur ke laut. Menurutnya laut dengan paparan sinar matahari lagi sangat menyehatkan untuk kesehatan.

"Ibu PKK mengajak anaknya ke laut sini, agar apa, tidak kena bronkitis, batuk, asma," ujarnya.

Susi tertarik dengan Pantai Bangsring karena di kawasan ini, seluas 15 hekatare laut telah menjadi area konservasi para nelayan. Ribuan transplantasi terumbu karang telah ditanam oleh nelayan maupun wisatawan yang datang. Tidak hanya itu, Susi juga tampak senang saat melihat ribuan ikan karang di laut datang setelah diberi roti.

"Dari yang tadinya wilayah kumuh, kotor, rusak, yang dulu ada dinamit, potas dan segala macem sekarang kita kasih makan ikan datang ribuan, luar biasa,katanya tahun kemarin sudah 130 ribu pengunjung," ujarnya.

Instagram.com/Susipudjiastuti115

3. Akan menyeberang Selat Bali menggunakan paddleboarding

IDN Times/Istimewa

Setelah menikmati liburan di Bangsring, Susi mengaku bakal datang kembali, namun dengan cara liburan yang berbeda. Dia tertantang untuk menyeberangi Selat Bali dari Pantai Bangsring, Banyuwangi, menuju Jembrana, Bali.

"Saya juga punya rencana lakukan paddling ke jembrana Bali, tapi munggu badan fit. Ini selat, hal berbeda, tapi akan saya coba, pada bulan Juni nanti. Kalau masyarakat mau ikut saya, silahkan dengan senang hati," katanya.

4. Susi masih temukan banyak sampah

IDN TImes/Istimewa

 

Menteri Susi juga membagikan pengalaman berwisatanya di akun Instagramnya, @susipudjiastuti115, dia menyampaikan kepada masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

"Saya di Bangsring, di wilayah konservasi, sedang kasih makan ikan, tapi sayang sampah datang dari mana-mana. Ayolah kita mulai kurangi pemakaian sampah plastik, kita kurangi plastik-plastik sekali pakai. Sayang laut secantik ini masih ada sampah, diantara ikan yang cantik-cantik," katanya sambil memberi makan ikan.

Susi juga tampak menyeberang ke Pulau Tabuhan untuk snorkeling dan bermain paddleboarding bersama Cucunya. Namun, dia menceritakan Cucunya enggan bermain karena melihat masih ada sampah.

"Dia tidak mau berenang karena melihat sampah, ini anak umur dua-tiga tahun saja sudah bilang tidak mau karena ada sampah, akhirnya kita bersihkan dulu," katanya.

Baca Juga: Susi Sebut Karang di Indonesia Tersisa Kurang dari Separuh

Berita Terkini Lainnya