Menteri Susi Beri Makan Ikan hingga Main Perahu Dayung di Banyuwangi

Susi bakal memberi bantuan kapal pengawas kepada nelayan

Banyuwangi, IDN Times - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengunjungi pembukaan Bangsring Underwater Festival yang berlangsung di Pantai Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.

1. Susi puji upaya nelayan Bangsring

Menteri Susi Beri Makan Ikan hingga Main Perahu Dayung di BanyuwangiIDN Times/Istimewa

Bangsring, memiliki kawasan konservasi seluas 15 hektar dengan biota terumbu karang yang indah. Menariknya, kawasan konservasi biota laut ini dijaga dan dirawat oleh nelayan sendiri, yang dulunya merupakan mantan pengebom terumbu karang.

"Saya lihat ada upaya yang baik yang dilakukan masyarakat, ada Pokmaswasnya, ada masyarakat kulinernya, ya akhirnya menjadi satu-kesatuan pariwisata yang itu terintegrasi. Dari yang tadinya wilayah kumuh, kotor, rusak, yang dulu ada dinamit, potas dan segala macem, sekarang kita kasih makan ikan datang ribuan, luar biasa," kata Susi usai melihat keindahan Pantai Bangsring, Selasa (2/4).

2. Beri makan ikan dan bermain perahu dayung

Menteri Susi Beri Makan Ikan hingga Main Perahu Dayung di BanyuwangiIDN TImes/Istimewa

 

Saat berkunjung di Bangsring, Susi menikmati keindahan konservasi laut para nelayan dengan memberi makan ikan di lautan bebas yang masih masuk di dalam kawasan konservasi. Susi tampak senang saat melempar roti tawar ke luat lepas Bangsring, sambil berdiri di rumah apung. Roti yang dilempar langsung diserbu ratusan ikan dan ribuan koloni lain langsung, terlihat di permukaan air laut.

Tidak hanya itu, Susi juga mencoba mendayung perahu di pantai Bangsring.Susi berharap, kawasan pantai di Indonesia, khususnya Banyuwangi, bisa meniru upaya yang dilakukan nelayan Bangsring. Sebab, dengan upaya konservasi, ada pemasukan yang lebih kepada nelayan, salah satunya lewat pariwisata. Tahun 2018 lalu, jumlah kunjungan wisatawan di Bangsring telah mencapai 130 ribu.

"Kalau semua daerah sepanjang pantai ini berapa uang masuk belum parkirannya, pasti multiplier effectnya akan banyak dan yang paling penting lautnya terjaga jadi kita mencari uang, mengambil uang, tanpa harus mengambil apapun dari kita tujuan Indonesia salah satunya memupuk masyarakat yang seperti ini," katanya.

3. Janji beri bantuan kapal pengawas

Menteri Susi Beri Makan Ikan hingga Main Perahu Dayung di BanyuwangiIDN TImes/Istimewa

 

Melihat semangat konservasi para nelayan yang sudah dilakukan sejak 2007, Menteri Susi berjanji bakal memperkuat fasilitas di Bangsring seperti kapal pengawas."Rumah Apung ini kan bantuan Pemerintah, kemudian kita juga akan bantu kapal pengawas Pokmaswas kita akan bantu BLU untuk bantu kulinernya, kita juga akan bantu BLU untuk nelayan-nelayannya, yang penting harus sesuai dengan aturan pemerintah, kalau tidak, ya sulit, nanti rusak alamnya, selesai. Nggak ada lagi orang datang. Ikanpun habis," ujarnya.

Banyuwangi Underwater festival yang digelar Pemerintah Kabupaten Banyuwangi ini, merupakan upaya dukungan kepada para nelayan untuk upaya konservasi. Berbagai acara edukatif dan konservasi, digelar seperti pelatihan mengolah sampah, memungut sampah di pantai oleh 1.000 nelayan, dan lomba mengolah barang bekas menjadi barang seni dan bermanfaat.

Susi juga meresmikan Bank Sampah yang ada Pantai Bangaring."Kalau kita dorong dari Jakarta tidak bisa banyak, ya kita dorong Pemerintah Daerah punya kesadaran perhatian sendiri, tular sampaikan ke pecinta laut lainnya," ujarnya.

Baca Juga: Tiga Produk Teknologi Jadi Solusi Pariwisata Daerah Banyuwangi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya