Comscore Tracker

Jangan Pakai 5 Produk Kecantikan Ini Saat Wajahmu Berjerawat

Bisa bikin jerawatmu makin parah nih

Wajah berjerawat pasti bikin gak nyaman dan kurang percaya diri. Kita juga dibuat bingung saat memakai produk kecantikan, takut kandungan di dalamnya gak cocok dan bikin jerawat makin parah.

Sebenarnya, produk kecantikan apa saja sih yang gak boleh dipakai saat kulit wajah berjerawat? Di bawah ini ada lima produk yang sebaiknya kamu hindari. Cermati ya, hentikan pemakaiannya saat wajahmu berjerawat.

1. Pelembab jenis oil based

Jangan Pakai 5 Produk Kecantikan Ini Saat Wajahmu BerjerawatPixabay/Stux

Mitos yang banyak beredar menyarankan berhenti menggunakan pelembab saat kulit berjerawat. Kadar minyak pada kulit wajah memang lebih tinggi saat muncul jerawat. Tapi bukan berarti kulitmu gak butuh pelembab lho.

Pilih pelembab jenis hydrate yang sifatnya menghidrasi kulit. Hindari pelembab jenis oil based yang punya kadar minyak tinggi. Bisa-bisa bikin kulitmu makin terlihat mengilap dan jerawat makin parah.

2. Scrub

Jangan Pakai 5 Produk Kecantikan Ini Saat Wajahmu Berjerawatbustle.com/

Eksfoliasi atau pemakaian scrub memang ampuh mengangkat sel kulit mati. Hasilnya, kulit wajah jadi lebih halus dan cerah. Tapi jangan gunakan produk ini saat wajahmu sedang berjerawat.

Tekstur butiran scrub bisa melukai kulitmu yang sedang sensitif. Apalagi kalau mengenai jerawat bahkan sampai membuatnya pecah, bisa memicu peradangan yang memunculkan rasa ngilu dan warna kemerahan.

3. BB cream

Jangan Pakai 5 Produk Kecantikan Ini Saat Wajahmu Berjerawatgarnierusa.com

Ketimbang BB cream, lebih baik gunakan CC cream jika kamu sangat membutuhkan alas bedak saat wajah berjerawat. BB cream bersifat lebih padat dan ‘berat’, menutup pori-pori sehingga kulit sulit bernafas.

Baca Juga: Awas Salah, 9 Kebiasaan Mencuci Muka Ini Justru Bikin Jerawatan Lho

4. Bedak padat

Jangan Pakai 5 Produk Kecantikan Ini Saat Wajahmu Berjerawatkawaiibeautyjapan.com

Hindari juga pemakaian bedak padat yang bisa menutup pori-pori kulit. Selain itu, kandungan zat kimia di dalamnya bisa menyumbat pori dan terakumulasi di dalamnya. Pori kulit yang dipenuhi kotoran bisa memicu timbulnya jerawat baru.

Gunakan saja bedak tabur untuk kebutuhan rias sehari-hari. Aplikasikan setipis mungkin agar pori-pori kulit tetap bisa bernafas.

5. Produk beralkohol tinggi

Jangan Pakai 5 Produk Kecantikan Ini Saat Wajahmu Berjerawatbeautytap.com

Beberapa produk kecantikan mengandung alkohol dalam kadar cukup tinggi lho. Seperti pada cairan pembersih muka dan toner, kandungan alkohol ditujukan untuk mempercepat proses pembersihan make up sekaligus mengurangi minyak berlebih.

Perlu diketahui bahwa alkohol ini bersifat keras dan panas di kulit. Gak disarankan untuk kulit berjerawat karena bisa menimbulkan iritasi berlanjut. Pilih micellar water untuk membersihkan riasan, dilanjut mencuci muka dengan facial wash agar kulit lebih bersih.

Ada yang masih nekat menggunakan lima produk kecantikan di atas saat kulit wajah sedang berjerawat? Hati-hati dampak jangka panjangnya ya, girls. Bisa bikin jerawat susah sembuh dan meninggalkan bekas luka.

Baca Juga: Pelembab Bibir Hingga Jerawat, 7 Manfaat Es Batu Buat Kecantikan

Topic:

  • Edwin Fajerial

Just For You