Comscore Tracker

Cita Amelia, Pernah Suka Pop Kini Jadi Pedangdut

Dangdut baginya cukup membahagiakan!

Surabaya, IDN Times - Menjadi penyanyi dangdut di tengah gempuran K-Pop memang tidak mudah. Namun, Nur Cita Amalia (21) yang mempunyai nama panggung Cita Amelia tetap teguh memilih jalur itu. Pedangdut kelahiran Mojokerto itu pun membagikan secuil kisahnya kepada IDN Times.

1. Bermula dari suka baju penyanyi saat masih SD

Cita Amelia, Pernah Suka Pop Kini Jadi PedangdutPedangdut Sidoarjo, Cita Amelia (21). Dok. Cita Amelia

Petualangan Cita di dunia tarik suara bermula dari dirinya berusia 8 tahun. Kala itu, Cita yang masih duduk di bangku kelas 3 Sekolah Dasar (SD) menggandrungi baju-baju yang dipakai penyanyi. Sewaktu ketika, ayahnya bilang kalau ingin pakai baju tersebut, syaratnya harus jadi penyanyi dulu.

"Nah dari situlah aku mau untuk jadi seorang penyanyi. Dulu genre musikku ada di pop, pas kecil sering cobain ikut-ikut audisi gitu. Aku juga dulu sempat ikut di sanggar musik, ikut festival band. Itu berlangsung selama 5 tahun," ujarnya tertulis, Selasa (31/8/2021).

Baca Juga: 9 Adu Gaya Rani Zamala Vs Rara LIDA, Pedangdut Muda Bergaya Kekinian

2. Awalnya genre pop kemudian pindah ke dangdut

Cita Amelia, Pernah Suka Pop Kini Jadi PedangdutPedangdut Sidoarjo, Cita Amelia (21). Dok. Cita Amelia

Ketika kelas 8 Sekolah Menengah Pertama (SMP), Cita memutuskan berpindah ke genre dangdut. Alasan memilih jenis musik ini cukup simpel. Lantaran berada di lingkungan pedesaan, Cita merasa sekitarnya lebih menikmati musik dangdut, mulai dari yang kecil sampai dewasa.

"Musik dangdut sudah sering terngiang dan terlintas di sekeliling aku," ucap pedangdut yang sekarang berdomisili di Sidoarjo ini.

Musik dangdut, sambung Cita, lebih banyak dibutuhkan di sekitar tempat tinggalnya. Seperti halnya untuk acara hajatan hingga acara politik bertajuk kampanye. "Mungkin karena musik dangdut lebih mudah diterima, lebih memasyarakat, dan memang menurutku musik dangdut itu Indonesia banget," ungkap dia. "Musik dangdut memang aset budaya kita," imbuhnya.

3. Sempat alami kesulitan saat peralihan genre tapi bisa beradaptasi

Cita Amelia, Pernah Suka Pop Kini Jadi PedangdutPedangdut Sidoarjo, Cita Amelia (21). Dok. Cita Amelia

Cita juga mengaku pernah mengalami kesulitan saat peralihan dari musik pop ke dangdut. Sebab, suaranya yang masih bernuansa pop. Tapi, ia segera beradaptasi. Salah satu siasat yang dilakukan, memilih lagu dangdut yang masih bisa masuk dengan karakter vokalnya.

"Tapi tanpa mengurangi juga, sampai detik ini aku masih giat banget buat belajar cengkok-cengkok dangdut. Karena aku emang dikenalnya sekarang sebagai penyanyi dangdut, bisa gak bisa ya harus bisa bawain lagu dangdut," terang dia.

4. Dukungan terus mengalir dari keluarga terutama sang ayah

Cita Amelia, Pernah Suka Pop Kini Jadi PedangdutPedangdut Sidoarjo, Cita Amelia (21). Dok. Cita Amelia

Cita sendiri memaknai musik dangdut sebagai khas dan kebahagiaan. Khas yang dimaksud ialah terngiang melekat di masyarakat dan kebahagiaan bagi para penikmatnya. Secara pribadi, jika sudah dengar musik dangdut, Cita merasa seperti terpanggil. "Bisa bikin bergoyang dan digoyang dengan musiknya yang benar-benar asyik," celetuknya.

Kebahagian Cita dalam bermusik dangdut semakin lengkap karena lingkungan sekitarnya sangat mendukung. Bahkan mereka menginsipirasi serta membesarkan semangat Cita supaya  lebih percaya diri. "Terutama ayah saya, beliau adalah salah satu orang yang paling peduli atas karir saya," tegasnya.

Terkait penyanyi idola, Cita memilih Iyeth Bustami. Dia mengaku sangat suka dengan karakter atau vokalnya. Tak hanya itu saja, performa Iyeth ketika manggung dinilai sangat membius. "Pembawaan beliau saat bernyanyi mempunyai kesan elegan dan berwibawa," beber dia.

"Tapi kalau lagu aku suka  'Tatu' karya almarhum Didi Kempot. Lagu yang mudah dihafal, bisa diterima kaula muda dan mempunyai makna yang memang sering terjadi di kehidupan terutama kisah percintaan para generasi milenial," dia menambahkan.

Tak lupa, Cita mengajak khalayak khususnya milenial untuk ikut mengikuti performanya. Dia menjanjikan penampilan yang dengan penuh keikhlasan. Mengusahakan untuk audiens selalu terhibur atas suguhan performanya.

Baca Juga: Cengkoknya Khas, 11 Pedangdut Ini Asli Jatim Lho!

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya