Comscore Tracker

Arek Jatim Ingin Tukar Uang Rp75 Ribu Bisa Lewat Online Lho!

Satu KTP dapat jatah satu lembar Rp75 ribu

Surabaya, IDN Times - Bank Indonesia secara resmi meluncurkan uang pecahan Rp75 ribu pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75 tahun, Senin (17/8/2020). Kepala Kanwil Bank Indonesia Jawa Timur (Jatim), Difi Ahmad Johansyah mengatakan, pelayanan khusus penukaran uang baru akan dibuka Selasa (18/7/2020).

Lantas bagaimana cara dapat uang ini?

1. Bisa mendaftar dulu di sistem daring BI

Arek Jatim Ingin Tukar Uang Rp75 Ribu Bisa Lewat Online Lho!Peluncuran uang Rp75 ribu edisi Peringatan Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia. YouTube/Bank Indonesia

Difi, panggilan akrabnya mengatakan, untuk mendapatkan uang pecahan Rp75 ribu tidak perlu repot-repot datang ke Bank Indonesia. Masyarakat bisa mengaksesnya secara daring. Caranya dengan mengakses website https://pintar.bi.go.id. Atau mengunduh aplikasi "Si Pintar" di Playstore.

"Ada aplikasi gak usah datang ke BI, ada aplikasi Si Pintar, isi aja ktp kita nanti dapat konfirmasi kapan mau ambil dan di ambil di mana," ujarnya, Senin (17/8/2020).

2. Satu KTP dapat jatah satu lembar Rp75 ribu

Arek Jatim Ingin Tukar Uang Rp75 Ribu Bisa Lewat Online Lho!Uang pecahan Rp75 ribu edisi 75 tahun kemerdekaan Indonesia. bi.go.id

Penukaran uang ini sangat terbatas. Sebab jumlah yang disediakan di Jatim hanya sekitar 7 juta lembar saja. Bank Indonesia pun memberi batasan, tiap KTP hanya bisa mendapatkan satu lembar pecahan uang Rp75 ribu ini. Difi mengatakan, uang ini sifanya peringatan.

"Kita batasi karena bukan uang biasa untuk kita gunakan tapi untuk peringatan," ucap dia.

3. Uang pecahan yang unik dan tak lazim

Arek Jatim Ingin Tukar Uang Rp75 Ribu Bisa Lewat Online Lho!Peluncuran uang Rp75 ribu edisi Peringatan Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia. YouTube/Bank Indonesia

Difi menambahkan, pecahan ini tergolong unik. Karena menggunakan nilai yang tak lazim digunakan. Sesuai teori biasanya pecahan 1, 2, dan 5. Selain itu, desainnya pun banyak tertera sejarah, mulai dari gambar proklamator Sukarno dan Mohammad Hatta, kemudian ada hasil pembangunan, lalu ada nilai keberagaman.

"Istimewanya angka 75 jarang muncul, desainnya terbaru. Pakai kaca pembesar detailnya kelihatan," jelasnya.

Baca Juga: 10 Fakta Unik Jembatan Youtefa di Uang Baru Pecahan Rp75 Ribu 

Topic:

  • Ardiansyah Fajar
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya